Latest News
Jumat, 27 Maret 2015

Inilah Para Muadzin Rasulullah

Inilah Para Muadzin Rasulullah

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu kalau Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ternyata memiliki 4 muadzin. Karena selama ini muadzin Rasulullah yang dikenal secara luas oleh kaum muslimin hanyalah Bilal bin Rabah.

Dan berikut ini keempat muadzin Rasulullah:

1. Bilal bin Rabah radhiyallahu anhu: dia adalah orang yang pertama kali melakukan adzan untuk Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dia dibeli oleh Abu Bakar As Shiddiq dan langsung dimerdekakannya dari perbudakan. Bilal pun senantiasa berada disamping Rasulullah, dan terlibat dalam semua peperangan dan peristiwa besar lainnya bersama Rasulullah, Bilal wafat di Syam tahun 20 H.

2. Amru bin Ummi Maktum radhiyallahu anhu: dia menjadi muadzin untuk Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di Madinah, dan dia termasuk dari Al Muhajirin (orang-orang yang berhijrah) pertama kali, dia wafat di akhir masa khilafah Umar radhiyallahu anhu.

3. Sa’d bin ‘Aidz Al Qurodh radhiyallahu anhu: Rasulullah menjadikannya muadzin di Quba, ketika Rasulullah wafat dan Bilal memutuskan untuk tidak beradzan lagi di Madinah sepeninggal Rasulullah, maka Abu Bakar memindahkan Sa’d ke masjid Nabawi, dan wafat pada tahun 74 H.

4. Abu Mahdzurah  radhiyallahu anhu: dia bernama asli Aus bin Mi’yar, dialah yang melakukan tarji’ dalam adzan yaitu mengulangi lafadz-lafadz adzan sebanyak 4 kali, 2 kali dengan suara keras dan dua kali dengan suara lirih dan ini termasuk sunnah dalam adzan, dia wafat di Mekkah pada tahun 59 H.

(Dinukil dari kitab “Al Aghshan An Nadiyah Syarhul Khulashah Al Bahiyah Fi Tartib Ahdaats As Sirah An Nabawiyah, hal. 647 )
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Inilah Para Muadzin Rasulullah Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail