Latest News
Selasa, 24 Maret 2015

Rahasia Ajaib Susu Unta

Rahasia Ajaib Susu Unta

Manusia telah mengenal unta sejak 3000 tahun sebelum masehi. Mereka menggunakan unta sebagai alat transportasi manusia dan angkutan barang. Di samping itu, unta juga dijadikan sumber gizi dengan meminum susunya dan memakan dagingnya.

Jenis unta di seluruh dunia ada dua. Pertama, unta yang memiliki satu punuk, populasinya menyebar di sepanjang padang pasir jazirah Arab, Afrika dan Asia. Kedua, unta yang memiliki dua punuk, yang bisa ditemukan di puncak gunung Himalaya, India dan beberapa tempat lain.

Susu unta dianggap sebagai sumber gizi utama di padang pasir, bahkan dianggap sebagai susu yang paling bagus. Cita rasa susu unta cukup beragam. Ada yang manis, tawar dan asin, padahal makanan yang dikonsumsi oleh unta adalah apa yang diberikan oleh pemiliknya.

Kandungan susu unta

Kandungan ajaib susu unta bertingkat-tingkat tergantung pada frekuensi perahan, usia unta, jumlah anak, jumlah dan jenis makanan yang diberikan dan jumlah air yang diminumnya. Susu unta dianggap sebagai susu dengan zat alkali (zat kimia yang menetralisir asam) yang tinggi, tetapi cepat berubah menjadi asam jika dibiarkan beberapa saat.

Kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, lebih rendah dibandingkan dengan kandungan lemak pada susu kerbau. Lemak pada susu unta bersatu dengan protein, sehingga susah untuk dipisahkan dengan cara biasa seperti yang dilakukan terhadap susu yang lain. Susu unta memiliki lebih besar susunan zat asam lemak yang mudah mengembang, terutama linolenic dan berbagai zat asam lemak yang sangat vital untuk gizi manusia, khususnya mereka yang berpenyakit jantung. Di samping itu, kadar kolesterol pada susu unta lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi sehingga membuat susu unta mudah dikonsumsi.

Susu unta juga mengandung vitamin C dengan kadar tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Kadar ini akan terus bertambah jika unta diberi pakan rumput yang kaya vitamin. Vitamin B1 dan B2 susu unta tersedia lebih banyak dibandingkan dengan susu domba. Begitu pula dengan vitamin A dan karotin yang cukup tersedia.

Penggunaan Susu Unta

Bangsa Arab tradisional menggunakan susu unta untuk mengobati berbagai penyakit seperti cacar, luka, sakit gigi, gangguan pencernaan dan keracunan. Menurut mereka, susu unta yang paling susubagus untuk dijadikan obat adalah susu yang keluar setelah empat puluh hari melahirkan. Yang paling baik adalah yang berwarna putih pekat, harum baunya, lezat rasanya, rasa manis yang sedang, lemak seimbang, tidak terlalu kental, diperah dari unta sehat, berbadan seimbang, diberi pakan dan minuman yang baik. Orang Arab menjadikan susu unta sebagai obat. Susu unta yang baik menumbuhkan darah yang baik, menyuburkan tubuh yang kurus, memberikan efek tenang, menghilangkan rasa waswas, ragu dan penyakit risau.

Jika susu unta diminum dengan madu, maka susu ini bisa membersihkan kotoran perut yang bercampur dengan sisa makanan. Jika dicampur gula, maka ia bisa mengkilatkan dan memperindah warna kulit, menyembuhkan penyakit sesak, paru-paru dan TBC. Susu unta bisa memperhalus, memperlancar, dan membuka sesuatu yang tertutup pada sistem pencernaan serta bagus untuk menghilangkan rasa haus.

Sekelompok dokter yang membahas keajaiban susu unta menyimpulkan, jumlah kandungan yang ada pada susu unta mirip dengan jumlah kandungan susu ibu, lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kandungan susu sapi. Susu unta tidak banyak mengandung laktosa, gula dan lemak. Kandungan susu unta sesuai dengan kebutuhan bayi yang tidak menyusu kepada ibunya, dan kaya protein dan zat imun yang cocok untuk mereka yang tidak lancar saluran pencernaannya.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di tahun 2005 menemukan bahwa susu unta mengandung zat antibodi nano yang berguna sekali untuk mengobati penyakit radang pencernaan, kanker usus besar, rheumatoid, bahkan penyakit alzheimer. Zat antibodi mampu mengurangi kanker atau tumor dengan cara zat antibodi tersebut menempel pada dinding otot kanker lalu menekan pertumbuhan sel kanker.

Kemukjizatan Hadist Nabi terkait Susu Unta

Al-Bukhari meriwayatkan dari Anas r.a. bahwa suatu kaum dari Urainah mengahadp Rasulullah Saw. Mereka berkata kepada Nabi, “Kami mengalami masalah di madinah. Perut kami kembung dan anggota badan kami terluka.” Lalu, Rasulullah Saw memerintahkan mereka untuk mencari peternak unta. Lalu mereka meminum susu unta sehingga perutnya sembuh dan kulitnya membaik.

Itulah berbagai khasiat susu unta yang dikeluarkan oleh Allah Swt dari saripati antara kotoran dan darah menjadi susu yang bersih, nikmat diminum, dan kaya akan protein yang bisa menyembuhkan tentunya dengan izin Allah. “Apakah mereka tidak melihat kepada unta, bagaimana ia diciptakan” (QS 88:17)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Rahasia Ajaib Susu Unta Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail