Latest News
Selasa, 24 Maret 2015

FUNGSI MENAKJUBKAN BULAN

FUNGSI MENAKJUBKAN BULAN

Seandainya manusia tahu betapa besar manfaat bulan bagi makhluk hidup di atas planet bumi, pastilah mereka akan tersungkur, bersujud, dan terkagum-kagum kepada Sang Pencipta bulan tanpa menghiraukan pergelaran tarian Ramayana. Begitu besarnya nikmat Allah SWT yang dilimpahkan buat umat-Nya. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS Al-Rahman 55:13).

Mari kita lihat penelitian yang pernah dilakukan oleh negara adidaya Amerika Serikat. Pada bulan November 1969 saat awak Apollo 12 meluncur dari bulan, mereka memasang reflektor yang mengarah ke bumi. Sesampainya di bumi para peneliti mengarahkan sinar laser ke reflektor tersebut untuk mengukur waktu yang dibutuhkan cahaya untuk pulang pergi ke bulan.

Percobaan tersebut menunjukkan bahwa bulan berputar menjauh, hingga suatu saat nanti akan menghilang. Kita tidak perlu mencemaskan hal itu selama 15 miliar tahun ke depan, kecuali bila asteroid telah menabrak bulan lebih dahulu.

Gaya pada pusat bumi dan bulan masing-masing menghasilkan tenaga putaran (torque) pada permukaan bumi dan menimbulkan gaya percepatan pada bulan. Hal ini menyebabkan perpindahan energi putaran dari bumi ke bulan sehingga putaran bumi melambat berkisar 1,5 milidetik per abad, dan mengakibatkan orbit bulan menjauh 3,8 cm per tahun.

Bulan yang mengitari bumi berdiameter 3.476 km. Ukuran itu sangat besar bila dibandingkan dengan bulan yang dimiliki Planet lain, seperti Photos yang berdiameter 27 km dan Deimos yang berdiameter 15 km. Kedua bulan tersebut mengintari Planet Mars. Bulan kita juga lebih besar daripada bulan Planet Pluto yang berdiameter 2.324 km.

Pada awalnya bulan hanya berjarak 23.000 km dari bumi, tetapi sekarang bulan berjarak 385.000 km dari bumi. Ini berarti pada masa yang akan datang bulan akan semakin jauh dan akan tampak semakin kecil di langit. Bahkan, suatu saat bulan tidak bisa lagi menutupi matahari saat gerhana.

Jika bulan tiba-tiba menghilang maka akan diprediksikan dengan mudah bahwa seluruh hari manusia di muka bumi akan mengalami kekacauan. Efek pertama yang akan muncul bersifat sementara, namun sangat dahsyat, yaitu tidak adanya pengaruh kendali dari bulan. Hal itu menyebabkan keadaan laut menjadi kacau seperti dulu sebelum bulan terbentuk. Gelombang air pasang yang dahsyat akan membanjiri seluruh pantai di muka bumi. New York, London, dan Tokyo akan lenyap seperti Atlantis. Dampak gelombang tsunami di sepanjang lembah Lautan Pasifik akan memicu gempa bumi dan membangunkan gunung api. Selama beberapa minggu atau bulan, tornado, angin topan, dan badai salju akan menghancurkan bumi kita. Setelah itu, barulah datang bencana yang sebenarnya.

Bersamaan dengan menghilangnya bulan, bumi akan terlempar keluar orbitnya karena didorong oleh energi gerak yang masih tersisa sesaat sebelum bulan menghilang. Hal ini mengakibatkan orbit bumi terhadap matahari akan berubah. Kemiringan poros bumi juga akan berubah sehingga mempengaruhi perubahan musim untuk selamanya di muka bumi. Perubahan musim itu tergantung pada seberapa besar kemiringan poros bumi. Kita yang berada di belahan bumi tertentu akan mengalami musim dingin yang membeku. Ada pun di belahan bumi lainnya akan mengalami musim panas yang mendidih. Karena bulan menghilang, cuaca akan berlangsung seperti itu.

Air laut akan tetap pasang sepertiga kali air pasang sebelumnya, karena air pasang tersebut hanya dipengaruhi oleh gravitasi matahari. Kondisi itu berlangsung stabil tanpa mengalami surut. Selanjutnya, rantai makanan akan terputus satu per satu sehingga membuat bencana bagi makhluk hidup yang ada di permukaan bumi.

Allah SWT telah menjelaskan kondisi tersebut di dalam Surah Luqman ayat 29.

Tidakkah kamu perhatikan bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing jalan sampai pada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS Luqman 31:29).

Orang-orang yang mau berfikir akan menyadari bahwa Sang Khalik telah menetapkan bulan dan matahari akan lenyap sampai batas waktu yang ditentukan-Nya. Hal ini sesuai dengan hasil percobaan yang telah dilakukan para ilmuan sejak tahun 1969.

Bulan memang berputar mengelilingi bumi dan perlahan menjauh hingga suatu saat akan menghilang. Jika Allah menghendaki, bulan akan lenyap dalam waktu dekat karena ditabrak oleh asteroid.

Masihkah kita berani menyombongkan diri di hadapan Sang Khalik, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang telah menciptakan bulan dengan sengaja untuk kita?

Bagaimana senadainya bulan tidak tercipta mendampingi bumi atau tiba-tiba lenyap, apakah manusia mampu menyombongkan diri kepada Sang Khalik? Astaghfirullah…Terima kasih Ya Allah, betapa besar dan tak terhingganya nikmat yang Engkau berikan kepada kami.

Marilah kita selalu mengucapkan Subhanallah dan Allahu Akbar setiap melihat bulan di atas langit yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: FUNGSI MENAKJUBKAN BULAN Rating: 5 Reviewed By: Muslimina