Latest News
Rabu, 04 Maret 2015

Burung Ajaib INi Bisa Menyamar Jadi Ulat Beracun

Burung Cinereous Mourner

Kemampuan ajaib menyamar atau berkamuflase sangat penting bagi kelangsungan hidup satwa di alam bebas. Kamuflase juga bisa dalam berbagai bentuk, burung aneh di Amazon ini bisa berkamulasa seperti ulat bulu beracun.

Burung Cinereous Mourner bisa berubah menyerupai ulat bulu beracun. Ia mampu mengubah bulu di tubuhnya menjadi tampak seperti ulat oranye tebal yang dikenal beracun. Bahkan ia juga bisa menirukan gerakan menggeliat-geliat yang kerap dilakukan ulat agar.

Ciri-ciri ini memberikan kemiripan berbulu dengan ulat aposematic,” kata Dr Gustavo Londono, seorang ahli biologi di University of California.
“Ulat yang kami temui diukur 12 cm, yang sangat cocok dengan ukuran sarang L. hypopyrra,” jelasnya. “Kesamaan morfologi (fisik) yang mencolok adalah ulat rambut oranye dengan ujung putih, yang hampir persis bulu halus panjang meringkuk dengan ujung putih terang. “

Burung Cinereous Mourner

Selain menyamar, Cinereous Mourner juga terus mengubah tingkah laku selama bertahun-tahun untuk menjaga anaknya tetap aman. Burung dewasa memberi makan setiap satu jam  sekali untuk memperlambat gerakan. Anak burung jadi ikut terbiasa untuk diam di sarangnya agar tidak mengundang predator.

Kemampuan kamuflase burung unik ini baru ditemukan ilmuwan pada tahun 2012.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Burung Ajaib INi Bisa Menyamar Jadi Ulat Beracun Rating: 5 Reviewed By: Muslimina