Latest News
Minggu, 08 Februari 2015

PAUS BONGKOK/HUMPBACK BERIMIGRASI DENGAN BANTUAN BINTANG.


Penelitian melelahkan selama 8 tahun mengungkap paus bongkok/Humpback (Megapetra novaeangliae) bermigrasi dengan berbagai bantuan alam.Paus menggunakan matahari, medan magnet bumi, bahkan posisi bintang untuk menuntun perjalanan sejauh hampir separuh keliling bumi.Paus bongkok mencari makanan di Samudera Antartika selama musim panas. Pada musim dingin, paus bermigrasi ke khatulistiwa untuk mencari plankton dan ikan kecil di Samudera Atlantik yang hangat.

Peneliti mencoba mengikuti pola migrasi sejauh 16 ribu kilometer ini dengan memasang perangkat transponder pada tubuh paus. Setiap perangkat bisa bertahan selama empat pekan hingga tujuh bulan sembari mengirimkan posisi paus dari waktu ke waktu dengan akurat. Data posisi menunjukkan pola yang menarik. Meski diganggu arus permukaan laut dan badai kencang, paus bongkok selalu mengikuti jalur migrasi tertentu dan tak pernah melenceng lebih dari 5 derajat. Bahkan untuk beberapa paus, penyimpangan tak lebih dari 1 derajat.

"Di tengah laut, paus hanya melihat horizon biru yang tak berhingga. Mereka menggunakan bulan dan bintang sebagai tuntunan. Di malam hari, paus bongkok menyelam sambil menatap langit. Cahaya bintang terang menembus permukaan laut dan dijadikan sebagai titik acuan selama perjalanan." ujar Travis Horton, ilmuwan lingkungan Universitas Canterbury.

Teknik navigasi lain yang mungkin dipakai Paus bongkok adalah menggunakan nyanyian. Gelombang suara yang dihasilkan nyanyian Paus terbukti mampu merambat hingga jarak ribuan kilometer di kedalaman lautan, sehingga bisa dipakai untuk mengkomunikasikan pergerakan paus.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: PAUS BONGKOK/HUMPBACK BERIMIGRASI DENGAN BANTUAN BINTANG. Rating: 5 Reviewed By: Muslimina