Latest News
Rabu, 25 Februari 2015

Desa Masouleh, Desa Ajaib yang Tertutup Kabut

Masouleh

Masouleh adalah sebuah desa yang terletak di Iran. Bertengger tinggi di atas lereng gunung berhutan, selamanya desa ini tak terlihat karena tertutup oleh kabut.

Desa Masouleh terletak di Provinsi Gilan, Iran, sekira 60 km dari laut Kaspia. Desa ini hampir tak terlihat karena selamanya tertutup oleh kabut. Namun jika kabut tak nampak, Masouleh merupakan tontonan yang luar biasa. Serangkaian cottage yang dibangun di lereng terlihat jelas.

Masouleh terletak sekitar 1.050 meter di atas permukaan laut. Karena tata letak bangunan di kawasan ini cukup unik, sepeda motor tak diperkenankan untuk masuk dan melintas di kawasan ini. Tak ada satu pun kendaraan yang dapat beroperasi karena lahan di kawasan ini berundak dan lorong-lorong.

Di antara rumah-rumah, terselip lah sebuah jalan sempit yang berkelok-kelok sebagai akses keluar masuk desa. Hampir semua bangunan di kawasan ini terbuat dari tanah liat dan kayu, serta berundak-undak. Bahkan, atap dari bangunan ini dapat digunakan untuk berjalan. Sungguh bangunan yang cukup menakjubkan bagaimana sebuah atap bangunan juga berfungsi sebagai sebuah trotoar.

Karena lokasinya berada cukup tinggi, iklim di desa ini berbeda dari kawasan Iran lainnya yang cenderung kering dan panas. Di desa ini cuaca sangat hangat dan lembap. Angin bertiup dari barat daya, sehingga menciptakan hujan lebat, serta kabut di sisi utara pegunungan. Akibat curah hujan yang melimpah, kawasan ini melahirkan sebuah hutan lebat beserta sungai yang airnya memancar ke segala daerah.

Desa ini didirikan hampir seribu tahun yang lalu. Kawasan ini pernah menjadi akses keluar masuk para pedagang yang datang dan keluar dari Iran. Namun kini, semenjak di temukan oleh beberapa petualang, desa ini selalu berkembang menjadi tujuan wisata populer di Iran, seperti yang dilansir dari Amusingplanet.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Desa Masouleh, Desa Ajaib yang Tertutup Kabut Rating: 5 Reviewed By: Muslimina