Latest News
Senin, 23 Februari 2015

WASPADAI PENGGUNAAN KUAS & SIKAT BULU BABI (PIG HAIR BRUSH) DI SEKITAR ANDA

KUAS & SIKAT BULU BABI

KUAS & SIKAT BULU BABI
Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan aneka macam kuas untuk merias wajah, melukis, membersihkan debu, mengecat rumah, mengoles loyang kue, hingga mengoles makanan. Seperti ayam bakar, roti, kue, dan aneka daging serta seafood yang dipanggang atau dibakar. Sementara sikat berguna saat menyisir rambut, membersihkan rambut di salon atau pangkas rambut, mencuci baju, dan menggosok lantai.

Tahukah Anda, berasal dari apakah kuas & sikat yang Anda pakai itu? Kemungkinan besar adalah DARI BULU BABI!  

Kuas yang disuplai di Indonesia, umumnya berasal dari China. Kuas impor tersebut diproduksi menggunakan bulu babi, terutama babi hutan yang berbulu lebih banyak. Bulu babi dianggap lebih ekonomis dibanding bulu binatang lain, seperti kambing, tupai, musang, kuda, rakun, unta, dan anjing.


Bagi umat muslim, penggunaan bulu babi jelas HARAM. Sekecil apapun, material dari babi terlarang untuk dikonsumsi dan untuk aplikasi.

Ilustrasi di atas adalah contoh kuas (& sikat) bulu babi (istilahnya PIG/BOAR/HOG/BRISTLE HAIR BRUSH) yang dijual berbagai TEMPAT, SEPERTI PASAR, TOKO ALAT LUKIS, TOKO BAHAN BANGUNAN, TOKO ALAT MAKE UP & SALON, TOKO ONLINE, DLL. APAKAH ANDA FAMILIAR DENGAN BERAGAM BENTUK DI BAWAH INI? ADA KUAS LUKIS, KUAS CAT TEMBOK, KUAS MAKE UP, SIKAT RAMBUT, SIKAT BARBER/TUKANG CUKUR, SIKAT BAJU, DLL. WASPADALAH!

TIPS MENGHINDARI PENGGUNAAN KUAS DAN SIKAT BULU BABI :
1. GUNAKAN KUAS & SIKAT YANG 100% SINTETIS, SEPERTI BAHAN NILON. Tersedia kuas cat tembok dan kuas oles makanan, dengan harga yang sedikit lebih mahal. Bahan nilon teksturnya seperti bahan plastik untuk sikat gigi.
2. GUNAKAN ALTERNATIF LAIN SELAIN KUAS. Contohnya roller paint untuk mengecat, spon & cotton buds untuk merias wajah, serta pisau & spatula untuk mengoles makanan.
3. WASPADAI MAKANAN YANG PROSES PEMASAKAN DAN PEMBERSIHAN ALAT-ALATNYA MENGGUNAKAN KUAS BABI.
4. CIRI KUAS BULU BABI, BILA DIBAKAR AKAN MENIMBULKAN BAU YANG KHAS SEPERTI DAGING DIPANGGANG.
5. BIASANYA KUAS BULU BABI DIJUAL BERWARNA PUTIH & HITAM. Namun, produsen bisa saja memproses bulu babi dengan cara diputihkan lalu diberi pewarna, sehingga seolah-olah seperti bulu binatang lain. 

bulu babi.
Kuas cat merek Eterna, terbuat dari 'China Bristle' alias bulu babi.

Ciri-ciri bulu khinzir atau babi:

1 -Bulu-Bulunya Rimbun diUjungnya (Ujungnya bercabang2)
2 -Bisa diubahsuai/dibentuk dengan bahan kimia untuk menjadi lembut atau keras.
3 -Susah/Sulit tertanggal dan jatuh atau cepat rusak.
4 -Banyak dan Mudah diPeroleh diBandingkan KUAS dari Bulu hewan lain.
5 -Jika dibakar akan tergulung seperti ketika membakar rambut
Bulu khinzir atau khinzir hutan dipanggil “Bristle” karena bentuk mereka yang keras dan kasar. Pada produk kuas yang tertulis “Bristle”, maka jelas itu dari bulu babi.
Ujung bulu khinzir ini mempuyai sifat yang unik yaitu ujungnya akan bercabang (split ends). Bristle daripada wilayah Chungking China adalah yang terbaik untuk digunakan untuk mengecat.
Kalau kuas bulu kambing atau biri-biri banyak digunakan untuk kaligrafi. Karena ujungnya tidak bercabang seperti bulu khinzir/babi. Bulu kambing atau biri-biri ini mempunyai ujung yang tajam.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: WASPADAI PENGGUNAAN KUAS & SIKAT BULU BABI (PIG HAIR BRUSH) DI SEKITAR ANDA Rating: 5 Reviewed By: Muslimina