Latest News
Jumat, 27 Februari 2015

Brunei Darussalam, Negeri Muslim Yang Penuh Keajaiban

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah salah satu negara Jiran yang masih memiliki rumpun yang sama dengan Indonesia. Negara ini memang dikategorikan sebagai negara kecil berdasarkan luas wilayah. Namun, Sungguh Ajaib bahwa negara penghasil minyak dan gas ini adalah salah satu negara paling kaya di dunia.

Negara Brunei Darussalam juga dikenal sebagai negara yang Kaya dan makmur karena kesejahteraan rakyatnya dijamin oleh negara yang dipimpin oleh seorang sultan ini. Negara ini juga memiliki standar hidup yang paling tinggi diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya. Apa saja hal-hal menarik yang ada di Brunei? Berikut kami sajikan beberapa fakta menarik tentang negara kerajaan tersebut.

1. Salah Satu Negara Paling Kaya di Dunia

Brunei merupakan salah satu negara paling kaya di dunia

Meski kecil, Brunei merupakan salah satu negara paling kaya di dunia. IMF memprediksikan bahwa suatu saat, Brunei dan Libya akan menjadi dua negara yang tidak memiliki hutang internasional. Dari tahun ke tahun indeks pendapatan Brunei semakin tinggi.

Majalah Forbes juga memberi ranking ke 5 bagi Brunei sebagai negara yang paling kaya akan sumber minyak dan gas dibanding 182 negara lainnya. Negara ini merupakan negara pengekspor minyak terbesar ke sembilan di dunia.

2. Menjunjung Tinggi Sopan Santun


Sebagai negara yang sangat menjunjung nilai-nilai Islam, Brunei Darussalam memiliki banyak sekali peraturan yang berhubungan dengan kesopanan. Negara ini juga tegas dalam melaksanakan syariat islam. Salah satu peraturannya adalah tidak diperbolehkan menjual atau membeli minuman beralkohol dalam bentuk apapun secara publik. Jika melanggar aturan ini, akan mendapatkan sanksi yang cukup serius.

Selain itu, orang-orang yang bukan muhrim juga tidak boleh bersentuhan, termasuk tidak boleh saling berjabat tangan. Jika anda menanyakan sebuah arah kepada orang Brunei, maka mereka akan menunjukkan arah dengan menggunakan ibu jari, karena penggunaan telunjuk dianggap tidak sopan. Hmmm, hampir mirip dengan adat istiadat Jawa, ya?

3. Memiliki Istana yang Megah

Istana Nurul Iman

Selayaknya seorang raja, Sultan Hassanal tinggal di sebuah istana. Tidak main-main, Istana Nurul Iman, tempat sang sultan tinggal memiliki 28 kubah raksasa yang semuanya dilapisi emas. Istana ini memiliki sekitar 500 kamar dan 257 toilet. Dan konon, bahkan toilet di sini berlapis emas.

Selain itu, Sultan Brunei juga punya hobi memelihara kuda polo. Dia memiliki 200 kuda dan kuda-kuda tersebut tinggal dengan nyaman dengan kandang yang ber-AC. Istana sang sultan dinobatkan sebagai tempat tinggal pemimpin negara yang paling lebar di dunia, ditinjau dari luas lantai bangunannya.

4. Punya Pemimpin yang Unik

Sultan Haji Hassanal Bolkiah

Rakyat Brunei tampaknya sangat mencintai pemimpin mereka. Foto dari Sultan Brunei selalu terpampang di koran, televisi, atau bahkan di restoran-restoran. Sultan Hassanal Bolkiah memiliki banyak sekali mobil mewah, diantaranya 160 Proches, 130 Rolls Royces, 360 Ferrari, 170 Jaguar, 180 BMW dan 530 Mercedes Benz.

Hal lain yang eksentrik dari Sultan Hassanal adalah nama gelarnya yang sangat panjang. Dia diberi gelar kehormatan “Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Muíizzaddin Waddaulah ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar ëAli Saifuddien Saíadul Khairi Waddien, Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam”. Sungguh sebuah gelar yang fantastis.

5. Memiliki Fasilitas Kesehatan yang Baik, namun Warganya Punya Masalah Berat Badan

Jaminan kesehatan yang baik dan praktis adalah impian setiap warga negara manapun. Di Brunei, keinginan tersebut telah lama tercapai. Di negara ini, untuk setiap konsultasi ke dokter anda hanya perlu membayar 1 dolar Brunei, atau sekitar sembilan ribu rupiah saja. Sementara obat-obatannya akan diberi gratis. Jika fasilitas kesehatan di Brunei tidak memadai untuk menalangi sebuah penyakit, maka pemerintah Brunei akan membiayai pengobatan rakyatnya ke luar negeri.

Namun ternyata, di balik jaminan kesehatan yang top itu, Brunei memiliki isu kesehatan yang cukup serius. 7.5 persen dari rakyatnya mengalami kegemukan alias obesitas. Angka tersebut merupakan angka obesitas tertinggi diantara negara-negara ASEAN. Sementara itu 20 persen dari anak usia sekolah di Brunei juga mengalami kegemukan.

Demikianlah beberapa fakta unik mengenai negara berbasis syariah Islam, Brunei Darussalam. Negara ini memang terkadang membuat kita iri dengan fasilitas dari pemerintahannya yang sangat memperhatikan warga.

Semoga kelak, Indonesia bisa berada di level yang lebih baik dan kita mendapat fasilitas-fasilitas terbaik seperti yang didapatkan rakyat Brunei. (HLH)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. MAU GANDAKAN DUIT HANYA DENGAN 10rb RUPIAH??
    TELAH TERSEDIA POKER, CEME KELILING DAN MASIH BANYAK YANG LAINNYA
    DISINILAH TEMPATNYA DI F`I`F`A`P`O`K`E`R .com

    PROSES TERCEPAT. TERMUDAH dan TERPERCAYA.
    Ayo Join Sekarang.
    Dan Daftarkan diri anda sekarang..
    Hubungi Kami :
    Contact Us Person :
    LIVECHAT F`I`F`A`P`O`K`E`R .com
    BBM : 7B3130BF
    Salam Sejahtera untuk kita semua ^^

    BalasHapus

Item Reviewed: Brunei Darussalam, Negeri Muslim Yang Penuh Keajaiban Rating: 5 Reviewed By: Muslimina