Latest News
Jumat, 06 Februari 2015

Mengenal Lebih Dekat Ikan Kod Dan Anatominya

Ikan Kod

Ikan Kod merupakan  salah satu jenis ikan laut dari genus Gadus, famili Gadidae yang hidup dan mendiami peraiaran samudera. Ikan terdiri dari berbagai jenis. Ikan Kod adalah spesies yang dirasa penting untuk dijadikan lahan pemancingan profesional. Ikan kod Adalah salah satu jenis dari ikan yang banyak dimakan dan dikonsumsi. Hati dari ikan kod akan diproses untuk diproduksi minyak nya yaitu hati kod. Bersama dengan ikan ikan lain seperti haddock dan plaice, ikan kod adalah salah satu ikan yang umum nya dijadikan sebagai  fish and chips. Ikan kod pun sudah diperdagangkan dari masa kehidupan bangsa Viking terdahulu. Ikan kod adalah  jenis ikan yang begitu sangat mudah untuk berkembang biak. Dalam periode sekali proses bertelur, induk betina dari ikan kod dapat memberikan jutaan telur. Hal ini yanag menyebabkan populasi ikan kod ini begitu melimpah di lautan.

Ikan kod yang berasal dari genus Gadus ini diartikan memiliki tiga sirip punggung serta dua sirip anus yang berbentuk membulat. Sirip pelvis dari ikan berukuran kecil dengan ujung – ujung nya yang berbentuk memanjang serta berada di daerah  bawah penutup insang nya. Memiliki Mata yang berukuran sedang. berbeda dengan Ikan Gabus, ikan Kod tampil dengan garis putih dengan bentuk memanjang dari sepanjang tubuhnya dari daerah insang hingga daerah ekor. Berat tubuh dari rata-rata ikan kod ini adalah antara seberat 5-12 kg, tapi spesimen yang berukuran hampir 100 kg dicatat pernah ditangkap. Ikan Kod Pasifik pada umumnya mempunyai ukuran lebih kecil dari ikan Kod jenis kod Atlantik, dan memiliki warna yang lebih gelap.

Pada Tahun 2006, Tercatat kuota penangkapan ikan kod di daerah  Atlantik barat laut mencapai jumlah  23000 ton, dan angka tersebut adalah setengah dari total populasi dari ikan kod tersebut, sedangkan ikan kod di daerah Atlantik timur laut adalah mencapai angka 473000 ton. Sedangkan di Kod Pasifik mencapai angka 260000 ton. PemBudi dayaan ikan kod Atlantik telah menjadi sebuah tren disaat tanggakapan ikan di alam liar menurun.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mengenal Lebih Dekat Ikan Kod Dan Anatominya Rating: 5 Reviewed By: Muslimina