Latest News
Sabtu, 11 April 2015

5 Fakta Ajaib Danau Yang Jarang Kita Ketahui

Berikut ini adalah lima fakta ajaib tentang danau yang mungkin kalian belum ketahui, semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai keindahan alam ini.

1. Sebagian besar danau di dunia berada di Kanada, Rusia, Alaska, Swedia dan Finlandia. Meskipun negara-negara tropis juga memiliki aliran danau, inilah kenapa negara-negara bagian utara memiliki banyak danau ketimbang bagian selatan. Hal ini dikarenakan banyaknya lempeng tektonik yang tersebar di sebagian besar daratan di belahan bumi utara.
Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi, di selatan Siberia di Russia. Credit: ISS Crew Earth Observations Facility and the Earth Science and Remote Sensing Unit, Johnson Space Center. The image was taken by the Expedition 39 crew.

2. Danau bisa muncul dan menghilang. Sebuah danau baru tiba-tiba muncul di dekat Gafsa, Tunisia, pada bulan Agustus 2014, baik dari pelepasan air hujan maupun genangan air hujan memungkinkan terbentuk danau secara tiba-tiba. Di daerah permafrost (tanah yang berada di titik beku pada suhu 0° C)  di seluruh Rusia dan Alaska, banyak danau kecil mengering karena suhu tinggi bisa mencairkan tanah beku secara permanen (permafrost). Di Mongolia, lebih dari 100 danau menghilang selama tahun 2000-an karena kekeringan dan desakan irigasi.
Fakta Ajaib Danau
Danau Laut Aral, yang kini telah mengering. Sebelumnya danau ini sempat menjadi danau keempat terbesar di dunia. Credit: Jesse Allen | NASA Earth Observatory
3.  Kebanyakan danau berada di lokasi tersembunyi - 85 persen berada pada ketinggian kurang dari 1.600 kaki (500 meter) di atas permukaan laut. Alasannya ada dua. Pertama, daerah pegunungan membatasi ukuran danau. Kedua, negara-negara yang memiliki banyak danau terkikis rata oleh gletser selama masa zaman es terakhir.
Fakta Ajaib Danau
Danau Irazú Crater terletak di daerah gunung berapi aktif di Costa Rica.
Credit: Irazu volcano crater lake image via Shutterstock
4.  Garis pantai di semua danau di seluruh dunia bertambah secara bersamaan  kira-kira sepanjang 250 kali ukuran panjang khatulistiwa. Panjang khatulistiwa adalah 7,926 mil (12,756 kilometer).
Fakta Ajaib Danau
Danau Jenewa atau dalam bahasa Perancisnya ia juga dikenal dengan nama Lac Léman adalah sebuah danau besar yang terbentuk dari lelehan glasier er dan terletak di perbatasan antara Swiss dan Perancis
Credit : NASA
5.  Ada 117 juta danau di Bumi, mencakup 3,7 persen dari luas daratan benua. (Ini tidak termasuk Antartika, Greenland atau Laut Kaspia). Sekitar 90 juta danau ini kurang dari dua lapangan sepak bola ukurannya, atau 0,5-2,5 hektar (0,2 sampai 1 hektar).
Fakta Ajaib Danau
Danau kecil Barrow terletak di Lake District Inggris di daerah Cumbria yang mencapai ketinggian 455 meter (1.494 kaki). Credit : NASA
(http://www.ardiyansyah.com)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 5 Fakta Ajaib Danau Yang Jarang Kita Ketahui Rating: 5 Reviewed By: Muslimina