Latest News
Sabtu, 11 April 2015

Fakta Ajaib Unta Hewan Unik Yang Disebut Dalam Al Quran

 Tidak ada makhluk hidup maupun mesin sekalipun yang sanggup berjalan di kondisi panas menyengat di gurun pasir yang sehebat unta, hewan ini diciptakan mampu menahan panas membakar padang pasir yang bersuhu lima puluh derajat bahkan mampu bertahan diterpaan badai pasir. Unta mampu berjalan jauh dengan hanya sedikit bahan bakar dan sedikit air. Mesin sekalipun tidak mampu menahan kondisi panas dan dalam kondisi yang sulit seperti ini, yang menyebabkan mesin canggih pun akan terbakar dan rusak jika terpapar panas berlebih selama beberapa hari bahkan dalam hitangan jam.

Unta bahkan telah membantu manusia yang hidup di gurun pasir sepanjang sejarah, yang telah menjadi simbol bagi kehidupan di gurun pasir. Panas gurun pasir sungguh mematikan bagi makhluk lain. Selain sejumlah kecil serangga, reptil dan beberapa binatang kecil lainnya, tak ada binatang yang mampu hidup di sana. Unta adalah satu-satunya binatang besar yang dapat hidup di sana.

Keajaiban Unta

1. Dapat hidup delapan hari tanpa makan dan minum

Unta dapat bertahan hidup hingga delapan hari pada suhu lima puluh derajat tanpa makan atau minum. Ketika unta menemukan sumber air, ia akan menyimpan cadangan air didalam tubuhnya. Unta mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya dalam waktu sepuluh menit. Ini berarti seratus tiga puluh liter dalam sekali minum; dan tempat penyimpanannya adalah punuk unta.
Fakta Ajaib Unta
Tempat penyimpan cadangan air pada unta adalah pada punuknya yang terlihat bergelombang di atas tubuhnya. Ada sekitar empat puluh kilogram lemak tersimpan di dalam punuknya. Hal ini menjadikan unta mampu berjalan berhari-hari di gurun pasir tanpa makan apapun.
Fakta Ajaib Unta
 2. Gigi dan perut unta dapat mengolah makanan yang tajam dan berduri di padang pasir

Kebanyakan makanan di gurun pasir adalah kering dan berduri. Namun sistem pencernaan pada unta telah diciptakan sesuai dengan kondisi yang sulit ini. Gigi dan mulut binatang ini telah dirancang untuk memungkinkannya memakan duri tajam dengan mudah. Perutnya memiliki disain khusus tersendiri sehingga cukup kuat untuk mencerna hampir semua tumbuhan di gurun pasir.
Fakta Ajaib Unta
Ilustrasi tengkorak dari kepala unta, terlihat struktur mulut unta yang mempermuahnya memakan makanan berduri dan tajam yang sulit di cerna oleh hewan lain

 3. Kelopak mata dan hidung pada unta dapat melindungi terpaan badai pasir

Angin gurun yang muncul tiba-tiba biasanya menjadi pertanda kedatangan badai pasir. Butiran pasir menyesakkan nafas dan membutakan mata. Kelopak mata unta melindungi matanya dari dari debu dan butiran pasir. Namun, kelopak mata ini juga transparan atau tembus cahaya, sehingga unta tetap dapat melihat meskipun dengan mata tertutup. Bulu matanya yang panjang dan tebal khusus diciptakan untuk mencegah masuknya debu ke dalam mata. Terdapat pula disain khusus pada hidung unta. Ketika badai pasir menerpa, ia menutup hidungnya dengan penutup khusus.
Fakta Ajaib Unta
Bentuk mata dan hidung unta yang diciptakan khusus untuk melindungi terpaan badai pasir
 4. Desain kaki unta dapat menahan bobot berat bahkan dari panasnya padang pasir sekalipun

Salah satu bahaya terbesar bagi kendaraan yang berjalan di gurun pasir adalah terperosok ke dalam pasir. Tapi ini tidak terjadi pada unta, sekalipun ia membawa muatan seberat ratusan kilogram, karena kakinya diciptakan khusus untuk berjalan di atas pasir. Telapak kaki yang lebar menahannya dari tenggelam ke dalam pasir, dan berfungsi seperti pada sepatu salju. Kaki yang panjang menjauhkan tubuhnya dari permukaan pasir yang panas membakar di bawahnya.
Fakta Ajaib Unta
Bentuk kaki unta yang dapat menahan bobot berat sekaligus menahan panasnya pasir
 5. Kulit unta melindungi panas di siang hari bahkan dinginnya malam hari di padang pasir

Tubuh unta tertutupi oleh rambut lebat dan tebal. Ini melindunginya dari sengatan sinar matahari dan suhu padang pasir yang dingin membeku setelah matahari terbenam. Beberapa bagian tubuhnya tertutupi sejumlah lapisan kulit pelindung yang tebal. Lapisan-lapisan tebal ini ditempatkan di bagian-bagian tertentu yang bersentuhan dengan permukaan tanah saat ia duduk di pasir yang amat panas. Ini mencegah kulit unta agar tidak terbakar. Lapisan tebal kulit ini tidaklah tumbuh dan terbentuk perlahan-lahan; tapi unta memang terlahir demikian. Disain khusus ini memperlihatkan kesempurnaan penciptaan unta.
Fakta Ajaib Unta
Bentuk kulit unta yang dapat menahan baik panas di siang hari maupun dinginnya gurun pasir di malam hari
 Kesimpulan

Marilah kita ambil kesimpulan sekaligus renungkan semua kehebatan unta yang telah kita bahas barusan.

  •     Sistem khusus yang memungkinkannya menahan haus
  •     Punuk yang memungkinkannya bepergian tanpa makan
  •     Struktur kaki yang menahannya dari tenggelam ke dalam pasir
  •     Kelopak mata yang tembus cahaya, bulu mata yang melindungi matanya dari pasir,
  •     Hidung yang dilengkapi disain khusus anti badai pasir
  •     Struktur mulut, bibir dan gigi yang memungkinkannya memakan duri dan tumbuhan gurun pasir
  •     Sistem pencernaan yang dapat mencerna hampir semua benda apapun
  •     Lapisan tebal khusus yang melindungi kulitnya dari pasir panas membakar
  •     Rambut permukaan kulit yang khusus dirancang untuk melindunginya dari panas dan dingin.

Siapapun kita yang melihat dengan "mata hati" akan takjub dari keajaiban unta yang Allah swt ciptakan ini. Allah swt mengarahkan perhatian kita pada penciptaan unta dalam ayat berikut:

    Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana ia diciptakan. (QS. Al-Ghaasyiyah, 88:17)

(http://www.ardiyansyah.com)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Fakta Ajaib Unta Hewan Unik Yang Disebut Dalam Al Quran Rating: 5 Reviewed By: Muslimina