Latest News
Kamis, 23 April 2015

Pohon Tertua di Dunia, Usianya 2.000 Tahun!

Pohon Tule atau dalam bahasa Spanyol disebut dengan El Arbol del Tule merupakan cemara Montezuma perkasa terletak di pusat kota Santa María del Tule di negara bagian Oaxaca, Meksiko. Baik suku Aztec maupun orang-orang Spanyol yang mendirikan kota Oaxaca telah mencatat bahwa pohon ini telah hidup lebih dari 2.000 tahun.
pohon Tule
Dengan umurnya yang telah mencapai 20 abad ini menjadikannya salah satu pohon tertua di dunia. Bentuk pohonnya telah bertransformasi sedemikian rupa karena umurnya yang panjang sehingga jika dilihat sepintas para pengunjung dapat melihat wajah goblin dan monster di batang pohon Tule ini.

Selain menyandang predikat sebagai pohon tertua, pohon Tule ini juga menjadi pohon terbesar di dunia. Pengukuran lingkar batang yang pernah dilakukan mencatat bahwa pohon ini memiliki lebih dari 60 meter. Batangnya yang begitu besar membutuhkan sekitar 50 orang untuk dapat mengelilingi pohon ini. Ukuran ini bahkan melampaui ukuran pohon paling besar saat ini yaitu Giant Sequoia dengan diameter 29,5 meter.
pohon Tule
Pohon ini memiliki tinggi 40 meter sehingga membuat menara gereja didekatnya menjadi terlihat begitu kerdil. Karena ketenarannya yang telah mendunia maka tak heran jika pohon ini banyak didatangi para wisatawan dari seluruh dunia. Hal ini membuat pelaku bisnis berbondong-bondong membangun pusat bisnis mereka di sana, mulai dari pasar kerajinan hingga plaza.
pohon Tule
Dahulu daerah itu adalah danau yang dikelilingi oleh rawa-rawa dan banyak tumbuh pohon cemara. Kini, danau telah mengering dan rawa-rawa hilang karena derasnya arus urbanisasi dan irigasi pertanian yang dilakukan penduduk setempat sehingga mengancam kelangsungan hidup pohon Tule ini.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pohon Tertua di Dunia, Usianya 2.000 Tahun! Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail