Latest News
Selasa, 28 April 2015

Kota Tanah Liat Terbesar di Dunia

Chan Chan

Terletak di dekat pantai Pasifik di wilayah Peru La Libertad, 5 km sebelah barat dari Trujillo, Chan Chan adalah kota Pra-Columbus terbesar di Amerika Selatan dan kota arsitektur tanah terbesar di dunia. Ini adalah ibukota peradaban Chimu, yang membentang di sepanjang pesisir utara sepanjang seribu kilometer dari selatan Ekuador ke pusat Peru. Kota itu sendiri dibangun sekitar 850 M dan berlangsung sampai penaklukan oleh Kekaisaran Inca di tahun 1470 M.

Pada puncak kekaisaran Chimu, Chan Chan luasnya 20 km persegi dengan zona monumental sekitar 6 km persegi di pusat, dan diperkirakan dihuni oleh 60.000 jiwa. Kota ini memiliki sembilan benteng persegi besar dikelilingi oleh dinding tanah yang tebal setinggi 30 sampai 60 kaki. Dalam unit ini, terdapat ribuan bangunan termasuk kuil, tempat tinggal, gudang-gudang yang dibangun disekitar ruang terbuka, bersama dengan waduk dan platform pemakaman. Dinding bangunan sering dihiasi dengan ukiran timbul mewakili motif abstrak dan hewan.

Di luar sembilan unit persegi panjang ini terdapat empat sektor industri yang didedikasikan untuk kayu, tenun, dan kerajinan emas dan perak. Kota ini kehilangan logam-logam mulia nya oleh pemburu harta karun Spanyol yang menjarah kota selama abad ke-16. Daerah lebih ke selatan digunakan untuk pertanian; tanah diairi dengan sistem irigasi yang rumit.

Chan Chan didirikan di salah satu padang pasir pesisir paling suram di dunia, di mana curah hujan tahunan rata-rata kurang dari sepersepuluh inci. Tapi udara kering gurun inilah yang memungkinkan struktur kota tanah ini tetap ada sampai hari ini. Ironisnya, karena perubahan pola cuaca, hari ini Chan Chan terancam oleh terlalu banyak air, seperti hujan lebat secara bertahap mengikis kota kuno ini.
Chan Chan
Chan Chan
Chan Chan
Chan Chan
Chan Chan
Chan Chan
Chan Chan
Chan Chan
Chan Chan
Chan Chan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kota Tanah Liat Terbesar di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail