Latest News
Sabtu, 04 April 2015

5 “Buah” Surga Ini Ada di Sekitar Kita

5 “Buah” Surga

Kehidupan dan isi surga sudah banyak digambarkan dalam Al Quran dan Hadis,baik calon penghuninya hingga interaksi penduduk dan makanannya. Pohon-pohon sangat rindang daunnya dan sangat lebat buahnya.Di surge tidak ada lagi musimnya, begitupun tidak akan layu buah-buahannya serta tidak akan rontok meskipun tidak dipetik. Tentunya rasa dan manisnya tentunya lebih lezat dan lebih nikmat dari buah-buahan di dunia, demikian Nabi telah menikmati sekalian buah-buahan itu.

Pastinya akan beda sekali dengan buah-buahan di dunia, dimana ada musimnya setahun sekali dan ada busuknya kalau disimpan lama-lama,sementara tidak demikian halnya buah di Surga. Begitu dipetik, maka pada saat itu tumbuh pula gantinya. Kabar gembira tersebut sudah Allah Swt sampaikan dalam firman-Nya:

“Sampaikan kabar gembira kepada orang-orang beriman dan berbuat kebajikan bahwa mereka disediakan surga-surga yang di bawahnya meng¬alir sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan surga, mereka berkata, “Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi buah-buahan serupa (tetapi tidak sama dengan buah-buahan di dunia). Di surga, mereka juga mem¬peroleh pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya”. (Q.S. Al-Baqarah [2]:25 )

Berikut ini adalah jenis buah-buahan yang ada di dalam surga yang tertera dalam Al Quran :

1. Delima

“Allah-lah yang menjadikan tanam-an-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, serta zaitun dan delima yang serupa bentuk dan warnanya serta tidak serupa rasanya. Makanlah buahnya apa bila ia berbuah dan berikanlah zakatnya pada waktu memetik hasilnya, tetapi janganlah berlebih-le¬bihan. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan”. (QS.Al-An’aam [6]: 141).

Delima, sejenis buah lain yang disebutkan di dalam Al-Qur`an, mengandung potassium yang besar volumenya, selain dari mineral-mineral lain seperti fosfor, kalsium, besi, dan sodium, dan vitaman-vitamin A, B1, B2, B3, dan C. Bereaksi bersama sodium, potassium mengatur ekuilibrium air tubuh dan menjaga detak jantung agar tetap normal

2. Pisang

Al-Qur`an menyebut buah-buah yang ada di surga,salah satunya buah pisang .
“Mereka berada di antara pohon bidara yang tidak berduri dan pohon pisang yang bersusun-susun, dan naungan yang terbentang luas,” (Q.S. Al-Wāqi‘ah [56]: 28-30).

Pisang, buah yang sangat bergizi, terdiri atas air (75%), protein (1.3%) dan lemak (0.6%). Tiap buah pisang juga mengandung karbohidrat dan potassium dalam jumlah cukup. Di samping menolong menyembuhkan banyak penyakit, pisang sangat dianjurkan untuk penyembuhan demam, gangguan sistem kerja pencernaan, kejang-kejang, dan terkilir. Tingginya jumlah potassium yang dikandungnya (0.24%) memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh.

3. Zaitun

“Dialah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu mengembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanaman-tanaman; zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS.An-Nahl [16]: 10-11).

Dari pengkajian para pakar, belum lama berselang, di ketahui bahwa zaitun tidak saja enak rasanya, tapi juga merupakan sumber makanan sehat. Kandungan asam linoleik yang terdapat dalam buah ini secara khusus sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang tengah menyusui anaknya. Kekurangan asam linoleik dapat mengurangi pertumbuhan bayi dan memperbesar potensi pada timbulnya beberapa penyakit kulit.

Organisasi-organisasi kesehatan, termasuk WHO, menganjurkan penduduk yang bermukim dalam masyarakat yang tingkat penderita diabetes dan arterioclerosis (penebalan saluran urat darah) tinggi supaya mengonsumsi minyak zaitun yang mengandung paling kurang 30 pesen asam linoleik. Hal ini telah menaikkan harga zaitun.

4. Anggur

“Dengan air itu, Kami tumbuhkan kebun-kebun kurma dan anggur untuk¬mu. Di sana, kamu memperoleh bera¬gam buah-buahan dan sebagian buah-buahan itu kamu makan.”(QS.Al-Mu`minuun [23]: 19).

Anggur, yang bergizi tinggi dan kaya dengan beragam vitamin dan bahan-bahan metalik, merupakan satu jenis makanan penting. Sekitar 20 hingga 25 persen isinya adalah gula, yang dapat dengan cepat masuk ke dalam aliran darah. Karena itu, anggur baik untuk mereka yang banyak menggunakan kegiatan fisik dan mental, sebab ia menghilangkan rasa penat dan menggempur anemia.

5. Kurma

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir.” (QS.Ar-Ra’d [13]: 4).

Kurma, dengan kandungan 50 persen gula, sungguh sangat bergizi karena daging buahnya terdiri atas fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna. Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada kejiwaan. Sudah pasti tiap persalinan selalu mengeluarkan banyak darah, yang dengan sendirinya jumlah gula darah yang tertumpah karenanya cukup banyak.

Seperti semua karunia lainnya, buah yang dinikmati para penghuni surga tentu akan jauh lebih sempurna dari buah yang dapat dinikmati kini yang tersedia di dunia. Betapapun, buah-buahan yang tersedia di surga tidak pernah jadi busuk dan akan memiliki cita rasa,aroma,bentuk yang tidak mungkin sama dengan yang di dunia. Wallahu’alam (Abu Luthfi Satrio)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 5 “Buah” Surga Ini Ada di Sekitar Kita Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail