Latest News
Rabu, 05 November 2014

Inilah Burung dengan Paruh Terpanjang di Dunia!

Burung Pelikan

Tahukah kamu apa nama burung dengan paruh terpanjang di dunia? Burung ini dinamakan dengan burung Pelikan. Burung Pelikan ini terkenal karena tenggorokan yang besar dengan paruh yang panjang. Burung ini hidup di dalam air sehingga disebut juga burung air.

Burung Pelikan memiliki 7 spesies dengan ukuran tubuh dan warna bulu yang hampir serupa. Namun, tubuh Burung Pelikan jantan lebih besar dibandingkan dengan burung Pelikan betina. Selain itu, sayap burung pelican juga sangat lebar yaitu sepanjang 2,3 sampai 2,5 meter.

Paruhnya memiliki panjang 40 sampai 50 cm sehingga disebut sebagai burung dengan paruh terpanjang di dunia. Bukan hanya itu, panjang paruh burung ini pun bahkan lebih panjang daripada panjang tubuhnya sendiri.

Burung ini hidup di wilayah Australia, Papua, Selandia Baru, dan Kepulauan Pasifik. Namun, burung ini hanya akan hidup di daerah yang dekat dengan sumber air seperti sungai, pesisir pantai, lahan yang basah, dan danau.

Burung Pelikan juga merupakan burung yang senang bertualang. Oleh sebab itu, burung-burung ini senang berpindah tempat sesuai dengan sumber air dan sumber makanan baru. Meskipun senang bertualang, Burung Pelikan tidak bisa terbang dengan cara mengepakkan sayap secara terus menerus selama 24 jam dengan jarak yang ditempuh hingga ratusan kilo.

Karena hidup di wilayah air, maka burung ini memiliki mangsa ikan. Oleh karena itulah mereka memiliki paruh yang panjang dan lebar dengan kegunaan menangkap ikan di sungai. Bahkan paruhnya ini mampu mengetahui di mana letak ikan, serta memanipulasi ikan agar menganggapnya sebagai lubang di sungai.

Yang lebih hebatnya lagi adalah paruh Burung Pelikan ini mampu menampung air sebanyak 13 liter. Burung ini juga memiliki usia yang sangat panjang, yakni 10 sampai 25 tahun. Jadi, selain sebagai burung dengan paruh terpanjang, Burung Pelikan juga punya berbagai kelebihan kan?
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Inilah Burung dengan Paruh Terpanjang di Dunia! Rating: 5 Reviewed By: Muslimina