Latest News
Minggu, 30 November 2014

Fakta Geografis yang Aneh dan Ajaib

Planet kita dipenuhi dengan banyak anomali geografis dan geologi yang indah dan misterius Serta Aneh dan Ajaib. Begitu banyak sehingga, bahwa kita mungkin tidak pernah benar-benar membuka semua rahasia alam yang tersimpan. Ini adalah daftar 15 fakta aneh yang berkaitan dengan geografi, geologi, dan bumi.

1. Nama Geografis Kedua Terpanjang
Nama Geografis Kedua Terpanjang

Nama geografis terpanjang kedua yang diterima di dunia adalah "Taumatawhakatangihangak oauauotamateaturipukaka pikimaungahoronukupokaiwhe nua kitanatahu" (85 huruf) yang merupakan bukit di Selandia Baru - itu adalah ungkapan Maori yang berarti "tempat dimana Tamatea, pria dengan lutut besar , yang meluncur, naik dan menelan gunung, yang dikenal sebagai pemakan lahan, memainkan serulingnya untuk seorang yang dicintainya ". Itu adalah terpanjang sampai saat ini (meskipun Guinness Book of Records masih menganggapnya sebagai yang terpanjang), yang kemungkinan besar kini telah digantikan oleh Krung Thep maha Nakorn Amorn Ratana kosinmahintar ayutthay amaha dilok phop noppa ratrajathani burirom Udom rajaniwesmahasat harn Amorn phimarn avatarn sathit sakkattiya visanukamprasit di Thailand (163 huruf).

2.  Nama Tempat Terpendek
A

Nama tempat terpendek adalah "Ã…" terletak di dua negara, Swedia dan Norwegia. Dalam bahasa Skandinavia, "Ã…" berarti "sungai". Gambar di atas adalah salah satu tanda jalan yang baru dipasang lagi di daerah tersebut - Tanda tanda ini sering dicuri karena nilai keanehannya.

3. Kota Terbesar di Dunia (luas permukaan)
Hulunbuir

China dengan Mongolia dalam diwarnai dengan warna oranye dan kota Hulunbuir diwarnai merah
Kota terbesar di dunia - berdasarkan luas permukaan, adalah Hulunbuir, Inner Mongolia (Cina) yang meliputi 263 953 sq km (102 000 sq mi).

4. Laut Paling Dingin dan Paling Hangat
Laut Putih

Laut Putih, di Rusia, memiliki suhu terendah, -2 derajat celcius. Teluk Persia adalah laut terhangat. Di musim panas suhunya mencapai 35,6 derajat celcius.

5. Nama Lokasi Geografis yang Hanya Mengandung Huruf Vokal
Aeaea

Gunung Circeo di Cape Circaeum di pantai barat Italia pernah disebut sebagai Aeaea (5 vokal tanpa konsonan). Dalam mitologi, tempat ini dipercaya menjadi rumah dari penyihir Circe. Lokasi geografis lainnya adalah kota Aiea di Hawaii, dan Eiao - salah satu pulau di Kepulauan Marquise.

6. Konstitusi Republik Tertua di Dunia
San Marino

San Marino mengklaim sebagai republik konstitusional tertua di dunia - didirikan pada tahun 301 oleh tukang batu Kristen yang melarikan diri penganiayaan di bawah Kaisar Diocletian. Konstitusinya yang ditulis tahun 1600 adalah konstitusi tertulis tertua di dunia.

7. Lubang Terdalam yang Pernah dibor oleh Manusia
Sumur Super Dalam Kola, di Rusia

Lubang terdalam yang pernah dibor oleh manusia adalah Sumur Super Dalam Kola, di Rusia. Mencapai kedalaman 12.261 meter (40.226 kaki atau sekitar 7,62 mil). Sumur ini dibor untuk penelitian ilmiah dan menghasilkan beberapa penemuan tak terduga, salah satunya adalah deposit besar dari hidrogen - begitu besarnya sehingga lumpur yang datang dari lubang itu "mendidih" dengannya. Lebih lengkapnya baca disini

8. Danau Kawah akibat Dampak Meteorit Kuno
Danau Kawah akibat Dampak Meteorit Kuno

Danau Bosumtwi, terletak dalam sebuah kawah meteorit kuno, berdiameter sekitar 8 km (5 mil) dan ini adalah satu satunya danau alami di Ghana. Danau ini terletak sekitar 30 km (18,6 mil) tenggara Kumasi dan merupakan daerah rekreasi yang populer. Ada sekitar 30 desa di dekat danau, dengan populasi total sekitar 70.000 orang.

9. Titik Terjauh Dari Pusat Bumi & Tempat Terendah di Kerak Bumi
Titik Terjauh Dari Pusat Bumi & Tempat Terendah di Kerak Bumi

Karena tonjolan bumi terletak di khatulistiwa, puncak Gunung Chimborazo (20.700 kaki atau 6.310 meter) Ekuador adalah titik terjauh dari pusat bumi sehingga gunung ini mengklaim judul menjadi "titik tertinggi di bumi" meskipun Mt. Everest masih merupakan titik tertinggi di atas permukaan laut. Mt. Chimborazo merupakan gunung berapi punah dan sekitar satu derajat selatan khatulistiwa.

Palung Mariana adalah bagian terdalam dari lautan di dunia, dan ketinggian terendah dari permukaan kerak bumi. Saat ini diperkirakan hingga 10.971 m (35.994 ft) dalamnya. Palung ini terletak di bagian barat Samudera Pasifik, di sebelah timur Kepulauan Mariana.


10. Tidak ada Daratan (tanah) di Kutub Utara
Kutub Utara

Tidak ada daratan sama sekali di Kutub Utara, hanya es di atas laut. Samudra Arktik memiliki sekitar 12 juta km persegi (4,6 juta mil persegi) es yang mengambang dan memiliki suhu musim dingin paling dingin dibawah -50 derajat celcius.

11. Negara yang Dikelilingi oleh Satu Negara Lain
Negara yang Dikelilingi oleh Satu Negara Lain

Lesotho, Vatican City, dan San Marino adalah negara-negara yang hanya benar-benar dikelilingi oleh satu negara lain. Lesotho benar-benar dikelilingi oleh Afrika Selatan, dan Kota Vatikan, dan San Marino keduanya hanya dikelilingi oleh Italia.

12. Rantai Gunung Terpanjang di Bumi
Rantai Gunung Terpanjang di Bumi

The Mid-Atlantic Ridge adalah rantai gunung terpanjang di bumi (di 40 000 kilometer atau 25 000 mil). Hal Rantai ini terletak di sepanjang bagian tengah Atlantik. Islandia adalah satu-satunya bagian dari rantai ini yang berada di atas air. Andes membentuk pegunungan terpanjang terbuka dengan panjang 7 000 kilometer.

13. Negara Bagian Paling Utara, Timur & Barat di Amerika
Negara Bagian Paling Utara, Timur & Barat di Amerika

Alaska adalah negara bagian yang terletak paling Utara, paling Timur dan sekaligus paling Barat di seluruh Amerika. Ini adalah satu-satunya negara bagian yang masuk ke "Belahan Timur" sehingga dia juga menjadi negara bagian paling timur sekaligus yang paling barat.

14. Laut Tanpa Pesisir
Laut Tanpa Pesisir

Laut Sargasso adalah suatu daerah di tengah Samudra Atlantik Utara, dikelilingi oleh arus laut, dan ini adalah satu-satunya laut yang tidak memiliki pantai. Di sebelah barat, Laut ini dibatasi oleh Gulf Stream, di sebelah utara, berbatasan dengan arus utara Atlantik Di sebelah timur, oleh arus Canary, dan di selatan, oleh arus equatorial Atlantik Utara. Sistem arus ini membentuk Subtropical Gyre Atlantik Utara.


15. Arus Sungai yang Aneh
Arus Sungai yang Aneh

Hanya ada satu sungai di dunia yang bersumber di dekat khatulistiwa dan dari sana mengalir ke daerah beriklim sedang, yaitu Sungai Nil. Untuk beberapa alasan yang tidak begitu dipahami, aliran sungai-sungai lainnya mengalir ke arah yang berlawanan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Fakta Geografis yang Aneh dan Ajaib Rating: 5 Reviewed By: Muslimina