Latest News
Kamis, 27 November 2014

Agar Tidak Mudah Sakit Selama Musim Hujan


Musim hujan kembali datang. Alhamdulillah ini merupakan nikmat besar dari Allah bagi kaum muslimin. Akan tetapi huja yang terlalu besar dan sering juga bisa menimbulkan beberapa penyakit dan menurunkan daya tahan tubuh. Sehingga beberapa orang mulai jatuh sakit ketika musim hujan.

Berikut beberapa tips agar tidak mudah sakit ketika musim hujan.

1. Ketika Kehujanan, segera mandi dan keramas

Sebisa mungkin ketika kita kena air hujan dan segera membersihkannya dengan mandi dan keramas. Karena partikel polusi ada pada air hujan dan kita tidak bisa menjamin kebersihannya. Air hujan juga membuat tubuh kedinginan. Mandi air hangat bisa menjadi solusi.

2. Usahakan tubuh selalu hangat

Misalnya dengan memakai jaket atau sweater. Minum minuman hangat atau makanan yang hangata. Karena suhu dingin saat musim hujan bisa menurunkan daya rahan tubuh jika terpapar terlalu sering.

3. Tidur yang cukup dan jangan begadang

Bagi orang dewasa minimal tidur 6-8 jam sehari. Usahakan ketika bagadang, membalas dengan tidur siang. Jangan sampai kurang tidur kemudian kehujanan atau mandi air hujan. Tidur adalah fase di mana tubuh memperbaiki daya tahan tubuh dan meningkatkannya selama turun.

4. Tetap rutin berolahraga

Musim hujan jangan menjadi alasan tidak berolahraga. Selama musim hujan tetap rutin berolahraga. Banyak olahraga indoor yang bisa dijadikan piliha. Misalnya gym, futsal, badminton dan lain-lain. Olahraga tetap membuat aliran darah lancar dan metbolisme tubuh tidak terhambat akibat udara dingin selama musim hujan

5. Banyak minum air putih

Air putih merupakan sarana detokfisiksi yang baik. Air bisa membantu melepaskan racun-racun dalam tubuh. Minum air minimal 8 gelas sehari dan usahakan membawa tempat minuman di mana saja anda berpergian. Sehingga bisa minum kapan saja dan tidak sempat terjadi gejala awal dehidrasi.

6. Jaga Makanan anda

Musim hujan membuat bakteri dan kuman mudah tersebar dan penyakit infeksi menular menjadi lebih banyak kejadiannya. Anda perlu menjaga makanan anda dan perhatikan sumber makanan anda. Misalnya makanan di pinggir jalan. Perhatikan kebersihannya, jika layak dan cukup bersih anda bisa memilihnya jika meragukan sebaiknya cari yang lain.

7. Jaga kebersihan rumah anda

Perhatikan kebersihan rumah anda, terutama genangan air dan saluran airnya. Musim hujam membuatnya mudah menjadi sarang penyakit atau sumber dan asal serangga atau hewan pembawa penyakit. Jaga kebersihannya agar anggota keluarga bisa terjaga dair kuman dan virus yang bisa menyerang kapan saja di musim hujan.

Disusun oleh dr. Raehanul Bahraen
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Agar Tidak Mudah Sakit Selama Musim Hujan Rating: 5 Reviewed By: Muslimina