Latest News
Rabu, 15 April 2015

Selera Makan Manusia Rakus


Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU

Pengamat Perkotaan/Praktisi HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)/ dan Dosen Teknik Sipil UIR

 Kalau bicara soal selera makan, rasanya sulit jika ada makhluk lain yang bisa menandingi komodo. Hal ini dikarenakan komodo memiliki selera makan yang sangat luar biasa. Mari kita lihat selera binatang ini bersama Amelia Wardana dalam buku “Unik dan Penting). Biasanya seekor komodo mampu menyantap 2,5 kg makanan dalam semenit dan baru berhenti makan kalau sudah kenyang. Sulit diukur kekenyangan komodo karena binatang ini dapat makan hingga seberat 90% berat badannya. Hal itu terjadi hanya dalam sekali makan. Ini sama dengan seorang dewasa yang makan 400 biji humberger dalam sekali duduk.

Rupanya masih ada makhluk di muka bumi ini yang bisa menandingi komodo, yaitu selera makan manusia rakus. Komodo masih bisa berhenti makan kalau sudah kenyang, tetapi manusia rakus tidak pernah berhenti makan kalau belum mati. Selera makan manusia rakus semakin kenyang akan semakin banyak makannya. Komodo masih milih-milih makan sedangkan manusia rakus menyantap apa saja yang ada di  hadapannya: Aspal, krikil, pasir, besi, dan cerucuk kayu juga bisa dimakannya.

Sulit diukur kekenyangan komodo karena binatang ini dapat makan hingga seberat 90 % berat badannya. Tetapi kekenyangan manusia rakus sama sekali tidak dapat diukur. Coba Anda ukur! Berapa persenkah dari berat badannya jika dibandingkan dengan berton-ton aspal yang telah dilahapnya, dari beratus-ratus kubik kerikil dan pasir yang telah dimakannya, dan dari beribu-ribu batang besi yang telah ditelannya, serta dari berjuta-juta batu-bata yang telah dikunyahnya. Ayo…coba hitung. Berapa persenkah itu…?

Walaupun komodo memiliki selera makan yang sangat luar biasa, tetapi binatang ini masih memilih-milih makan, yang jelas komodo tidak pernah mau makan di antara sesama mereka. Tetapi manusia rakus tidak pernah memilih-milih calon santapannya, apa saja dimakannya selagi mempunyai kesempatan, dari makan material bagunan sampai-sampai teman sendiri pun dimakan…! Ayo…hati-hati….alangkah bernafsunya manusia rakus ini!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Item Reviewed: Selera Makan Manusia Rakus Rating: 5 Reviewed By: Muslimina