Latest News
Minggu, 14 September 2014

Khasiat Ajaib Air Zam-zam

zam zam

Telaga ajaib air zam-zam yang kita ketahui sekarang, ditemukan oleh Siti Hajar, istri kedua Nabi Ibrahim a.s dan ibu dari anak Nabi Ibrahim yaitu Nabi Ismail.

Siti Hajar dan anak kecilnya Nabi Ismail kehausan di gurun pasir. Lalu Siti Hajar berlari-lari 7 kali antara bukit Safa dan Marwah untuk mendapatkan air untuk anaknya. Dan Allah mengutus malaikat Jibril untuk mengeluarkan air ajaib dari tengah-tengah padang pasir itu.

Lokasinya ialah tempat Nabi Ismail menghentak-hentak kaki dan menangis. Siti Hajar mengepung kawasan mata air itu dengan batu-batu dan memanggil zam-zam yang bermaksud 'kepung air'. Ketika itu Mekkah belum ada penduduk. Dan dari sinilah awal keajaiban Kota Mekkah.

Namun, tak banyak yang mengetahui bagaimana telaga zam-zam secara ajaib bisa mengeluarkan puluhan juta liter terutama saat musim haji dan tidak pernah kering walaupun sekali.

Menurut keyakinan umat Muslim sumur zamzam tidak akan pernah kering dan mengenggap air zamzam merupakan air suci yang dapat menyembuhkan penyakit dengan kekuatan ajaib. Air zamzam keluar secara ajaib dari dalam tanah untuk memberi air kepada Siti Hajar istri Nabi Ibrahim as. Dan Nabi Ismail putranya yang masih bayi saat itu dibawah sengatan terik matahari di lembah yang kering di Makkah.

Air yang keluar dari sumur zam-zam itu menyimpan keajaiban yang luar biasa. Diantaranya dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, sebagaimana hadist Rosulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, yaitu Rosulullah SAW bersabda “Sebaik-baiknya air dimuka bumi ialah air zam-zam. Air zamzam merupakan makanan yang mengenyangkan dan penawar bagi penyakit”.

Tidak seperti air mineral biasa, air zamzam  mengandung elemen-elemen alamiyah sebesar 2000 mg per liter sedangkan air mineral biasa hanya mengandung tidak lebih dari 260 mg per liter. Elemen-elemen yang terkadung dalam air zamzam meliputi positiv ions (ions positiv), seperti sodium 250 mg per liter, kalsium 200 mg per liter potasium 20 mg per liter dan magnetsium sebesar 50 mg per liter. Serta negatif ions (ions negative) seperti sulfur 372 mg per liter fosfat 0,25 mg per liter dan amonia 6 mg per liter.

Kandungan-kandungan elemen kimiawi alamiah inilah yang menjadikan rasa dari air zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus.

Satu hal yang ajaib selama ribuan tahun (lebih dari 14 abad) sumur zam-zam tidak pernah kering dan airnya tidak habis kendati airnya dipergunakan oleh lebih dari jutaan umat manusia setiap tahunnya. Disamping sebagai kehendak Allah SWT, secara ilmiah dapat diungkap fakta-faktanya.

Mengapa hal ajaib ini bisa terjadi? Mungkin secara logika hal itu tidak masuk akal. Sebab sumur zamzam ini hanya memiliki luas permukaan 3-4 meter dan kedalamannya sekitar 30 meter, sangat kecil untuk menghasilkan air yang demikian besar untuk memenuhi jutaan umat manusian termasuk 2-3 juta orang jemaah haji setiap tahunnya yang masing-masing pulang membawa kekitar 5-20 liter per jemaah.

Anggota Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Rovicky Dwi Putrohari, dalam artikelnya tentang Rahasia Air Zamzam menyebutkan dalam sebuah uji pemompaan (pump test) sumur ini mampu mengalirkan air sebesar 11-18,5 liter per detik atau mencapai 660 liter per menit atau sekitar 40 ribu liter per jam. Ini dilakukan sebelum tahun 1950-an.

Pada tahun 1953 dibangunlah pompa air. Pompa air ini menyalurkan air dari sumur ke bak penampungan air di antaranya juga keran-keran yang ada di sekitar sumur zamzam. Pada saat dilakukan pengujian, pada pemompaan 8000 liter pe detik selam 24 jam air yang berada dalam sumur zamzam mengalami penyusutan sedalam 3,23 meter. Dan ketika pemompaan dihentikan, ajaibnya permukaan sumur kembali ke asalnya hanya dalam waktu 11 menit. Padahal jarak kota mekkah ke laut (pantai) sejauh 75 Kilometer. Ini menunjukkan bahwa banyak air yang tersimpan dalam sumur zamzam. Ini semua berkat hasil rekahan bebatuan yang ada pada perbukitan di sekitar mekkah.

Keajaiban inilah yang kemudian mengusik para ahli hidrologi untuk meneliti lebih lanjut tentang keanehan sumur zamzam yang dengan jarak yang relatif jauh dari laut, dari nama sumber air begitu cepat berkumpul kembali di sumur zamzam.

Rovicky menyebutkan, banyak rekahan bebatuan yang ada disekitar tempat itu disebutkan ada rekahan yang memanjang ke arah Hajar Aswad denga panjang 75 cm dengan ketinggian 30 cm, juga beberapa celah kecil ke arah Shafa dan Marwa.

Keterangan geometris lainnya menyebutkan, celah sumur di bawah tempat Thawaf sekitar 1,56 meter, kedalaman air di bibir sumur mencapai 17 meter da diameter berkisar antara 1,47-2,66 meter, celah inilah yang digunakan untuk memasok air kedalam sumur zamzam.

 Mengandung Zat Anti Kuman

Hasil penyelidikan contoh air zam zam di Eropa dan Arab Saudi menunjukkan bahwa air zam-zam mengandungi zat fluorida yang efektif membunuh kuman, seolah sudah mengandung obat.

Lalu perbedaan air zam-zam dibandingkan dengan air telaga lain di Mekkah dan sekitar Arab adalah dalam hal kuantitas kalsium dan garam magnesium. Kandungan kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zam-zam, mungkin inilah mengapa air zam-zam menyegarkan jemaah yang keletihan.

Keistimewaan lain, komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil dari sejak terbentuknya telaga ini. “Rasanya” selalu terjaga, diakui oleh semua jemaah haji dan umrah yang selalu datang setiap tahun.

Bisa Menyembuhkan Penyakit

Nabi Saw menjelaskan: ”Sesungguhnya, air zam-zam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandungi gizi”.

Nabi Saw menambahkan: “Air zam-zam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Rasulullah (saw) pernah mengambil air zam-zam dalam sebuah kendi dan bekas kulit, kemudian membawanya kembali ke Madinah dan air zam-zam itu digunakan Rasulullah (saw) untuk memercikkan kepada orang sakit dan kemudian disuruh meminumnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. Happy Chinese New Year
    di Imlek 2018 ini FifaPoker akan bagi-bagi angpao loh
    jadi daftarkan diri anda sekarang dan dapatkan angpao nya
    Menangkan seluruh permainan nya

    BBM : 7B3130BF
    Salam Jackpot ^^ dari kami

    BalasHapus

Item Reviewed: Khasiat Ajaib Air Zam-zam Rating: 5 Reviewed By: Muslimina