Latest News
Senin, 05 Mei 2014

Aneh, Inilah 10 Alasan Jangan Ikutan One Day One Juz (ODOJ)


Mungkin dari kita ada yang sudah mengenal apa itu ODOJ? Tapi ada juga mungkin yang belum tahu apakah ODOJ itu? ODOJ adalah gerakan One Day One Juz yang mengajak anggotanya untuk bisa konsisten membaca Al-Qur'an satu hari satu juz. Namun, jangan sampai Anda terjebak untuk ikut-ikutan. Berikut 10 alasan mengapa kita jangan sampai ikutan ODOJ:

1.      Bahaya ketagihan. Ikut ODOJ membuat kita jadi ketagihan walaupun awalnya berat, tapi jika sudah terbiasa, setiap hari selalu ada motivasi untuk tilawah 1 juz.

2.      Ingat Al-Qur'an terus. Mau keluar rumah yang diingat sudah bawa Al Quran belum? Kalau Qurannya di dalam HP yang diinget HP-nya dah di-charge penuh belum? Kemana-mana ingat Quran untuk dibawa.

3.      Ga bisa melamun/menghayal. Kalau biasanya ada waktu luang, tanpa sadar kita sering gunakan untuk ngelamun atau menghayal. Entah di bus umum, taxi, nunggu pesanan makanan, nunggu motor/mobil dicuci, dll. Kalau ikut ODOJ, waktu kita jadi sempit, tapi jadi lebih berharga untuk dilewatkan begitu saja.

4.      Jadi jarang main game. Biasanya kan dikit-dikit kita suka main game di HP, saat pergi mengurus sesuatu sambil nunggu selesai kita buka HP : bikin status di FB, baca-baca status orang lain, nge-tweet, foto selfie, upload macam-macam, dll. Kalau sudah ikut ODOJ, kayaknya sayang banget kalau belum tuntas jatah juz-nya.

5.      Sinetron gak laku. Untuk yang sudah bekerja, apalagi perempuan, terkadang pulang kantor refreshing nonton sinetron. Kalau sudah gabung di ODOJ, boro-boro nonton. Pulang kantor santap malam, sholat isya', trus duduk anteng ngelarin juz-nya.

6.      Koran vs Quran. Dulu pulang kantor yang dicari koran. Hari libur weekend pagi-pagi nongkrong di teras sambil ngopi sama santap cemilan, bacaannya koran. Sekarang koran sudah ada saingannya, yaitu Quran.

7.      Pelit waktu. Jadi sering itung-itungan sama waktu. Planning buat nyicil bacaan. Ada yang jam istirahat ngatur waktu antara makan, tidur, sama tilawah. Pulang kantor yang cicilan tilawahnya masih banyak, pasti mikir-mikir kalau diajak nongkrong atau kongkow-kongkow.

8.      Tiap hari punya hutang. Hutangnya 10 lembar tilawah Quran. Bayarannya terserah kita yang ngatur, mau dibagi 2 tiap sebelum atau sesudah sholat wajib. Atau ada juga yang bayar sekali duduk langsung lunas. Kalau dah dibayar tenaaangnya ga bisa dibayangin.

9.      Ketergantungan obat. Banyak yang bilang, tilawah Quran itu seperti obat anti galau. Karena banyak jomblowan/jomblowati yang kepergok duduk sendirian baca Quran dengan tujuan menghilangkan galau dengan sekali duduk langsung done/kelar.

10.  Nambah-nambahin saudara. Yang gak suka punya teman atau sahabat apalagi saudara, jangan gabung deh, soalnya ikutan ODOJ minimal nambah saudara 30 orang. Yang saling ngingetin kalo belum kelar, memberi semangat, saling mendoakan, pokoknya kayak ketemu saudara ketemu gede gitu deh.

Jadi kalau hidup Anda merasa cukup tergantung dengan segala hal berbau duniawi, cukup dengan kebahagiaan semu, puas dengan rutinitas tanpa sentuhan lantunan kalam illahi. Mungkin sudah saatnya Anda bergabung agar lebih imbang bahwa kebahagiaan itu tidak selalu ada di dunia ini, tetapi juga ada di kampung akhirat kelak. Wallahu alam, semoga bermanfaat!

By: Bemwiezhanarcho - G83 [DP-Promas]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Aneh, Inilah 10 Alasan Jangan Ikutan One Day One Juz (ODOJ) Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail