Latest News
Senin, 19 Mei 2014

Ajaibnya Ikan Gunakan Teknik 'Pistol Air' untuk Berburu


Semua makhluk diberi keunikannya masing-masing dalam bertahan hidup di alam. Salah satu yang unik adalah Arcerfish dengan menggunakan teknik pistol air dalam berburu mangsa.

Arcerfish menggunakan senjata pelumpuh mangsa dengan menyemburkan air melalui mulutnya. Namun semburan hanya satu detik itu sangat keras hingga bisa langsung mematikan serangga incarannya.

Setelah memilih mangsa, ia menatapnya untuk menentukan titik target. Kemudian menekan lidahnya terhadap alur pada langit-langit mulut untuk membentuk saluran sempit dan menggunakan insangnya untuk mengeluarkan air. Kekuatan tembakan ini dapat diubah-ubah sesuai ukuran mangsa dan jauhnya sampai 5 meter.

Semula ilmuwan mengira kemampuan itu karena didukung fisik khusus si ikan namun ternyata murni dari faktor luar seperti dinamika air. Selain itu Arcerfish dapat memperhitungkan faktor di luar seperti pembiasan cahaya dan gravitasi.

Archerfish adalah spesies yang memiliki 7 jenis ikan yang biasanya hidup di perairan muara dan mangrove. Mereka dapat ditemukan di India, Filipina, Polinesia dan Australia.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ajaibnya Ikan Gunakan Teknik 'Pistol Air' untuk Berburu Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail