Latest News
Rabu, 20 Agustus 2014

SMS AJAIB INI MEMBUAT ORANG BATALA BUNUH DIRI


DALAM sebuah kisah nyata yang baru-baru ini terjadi terdapat suatu kisah seorang laki-laki yang akan melakukan bunuh diri. Tapi, niat laki-laki tersebut tidak jadi terlaksana hanya gara-gara adanya sebuah pesan singkat (SMS). Kisah tersebut dilaporkan oleh salah satu media sosial pada hari Kamis, 23 Juni 2014 lalu.

Laki-laki itu gundah. Ia seperti kehilangan akal. Masalahnya terasa semakin berat, sementara semua jalan tampak buntu. Dalam kegalauannya yang memuncak, ia menyiapkan beberapa perlengkapan. Perlengkapan untuk lari dari semua masalahnya, dengan melakukan bunuh diri.

Tiba-tiba, sebuah SMS datang tepat pada detik-detik terakhir ia ingin bunuh diri.

“Apa kabar mas? Lama tak jumpa. Kangen,” demikian SMS itu.

Aneh, membaca SMS tersebut, keinginannya untuk bunuh diri tiba-tiba berkurang. Bahkan akhirnya ia sadar bahwa apa yang akan dilakukannya itu adalah sebuah kesalahan fatal.

Setelah membaca SMS itu, ia pun segera menelepon sang pengirim SMS. “Mas, hampir saja saya bunuh diri,” katanya sambil menangis. “Semua perlengkapan bunuh diri sudah saya siapkan. Gara-gara SMS dari mas Jamil, saya urungkan niat itu. Ternyata masih ada yang perhatian dan kangen sama saya.”

“Lelaki itu kini sudah berkeluarga,” kata Jamil Azzaini, sang pengirim SMS itu, yang tak lain adalah inspirator Sukses Mulia, “Bisnisnya juga terus tumbuh. Ia juga punya kebiasaan baru, berbagi ilmu kepada siapapun yang membutuhkan. Ia juga merasa happy menjalaninya. Banyak orang yang sudah terinspirasi melalui lelaki ini. Ternyata, satu kebaikan berbuah banyak kebaikan.”

“Jangan sepelekan kebaikan, walau mungkin tampak kecil,” pesan jamil Azzaini.

Jauh sebelumnya, 14 abad yang lalu, Rasulullah telah berpesan, “Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya,” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi; shahih).

Senyum kepada orang lain, mungkin dianggap sebagai amalan sepele. Hanya membutuhkan gerakan 16 otot. Tetapi mungkin kita tidak sadar, senyuman itu menular. Menularkan kebahagiaan, menularkan keceriaan, menyejukkan hati, dan mengakrabkan. Jika jiwa sudah bahagia, jika hati sudah damai, kreativitas lebih mudah terlahirkan. Solusi-solusi atas masalah yang dihadapi pun berdatangan. Bahkan, sebelum datang solusi, terlebih dulu datang paradigma baru dalam memandang persoalan. Menjadi sabar, menjadi lebih arif, menjadi lebih bijaksana.

Dalam hadits lain, Rasulullah bersabda, “Bersedekahlah walau hanya dengan sebutir kurma.” Mungkin sebutir kurma kita anggap sepele, tetapi sesungguhnya pemberian itu adalah pancaran kebaikan. Aura kasih sayang. Inilah yang menimbulkan kecintaan dan kebahagiaan. Seperti pesan beliau, “Saling memberi hadiahlah, niscaya kalian saling mencintai.”

Rasulullah juga mengingatkan umatnya untuk mengucap salam kepada sesama muslim, baik yang ia kenal maupun tidak ia kenal. Sebab salam adalah doa, salam juga ekspresi empati dan cinta. Salam dan sapa mengakrabkan. Amalan yang ringan, tetapi bisa jadi karena salam dan sapa kita, seseorang merasa mendapatkan perhatian. Merasa dirinya berharga. Merasa dirinya bernilai dan dibutuhkan. Bahkan bisa jadi, seseorang yang tadinya merasa putus asa kembali mendapatkan secercah harapan. Bahkan seperti temannya Jamil Azzaini tersebut, ia yang tadinya berniat bunuh diri akhirnya mengurungkan niatnya, dan berubah menjadi pribadi yang menemukan kembali semangat hidup dan kemudian bermanfaat bagi sesama. Bukankah pahalanya luar biasa? [rika/islampos/kisahikmah]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: SMS AJAIB INI MEMBUAT ORANG BATALA BUNUH DIRI Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail