Latest News
Sabtu, 30 Agustus 2014

Masjid Ini Mempunyai Nama Teraneh di Dunia


Jika pada umumnya nama masjid identik dengan nama indah, tokoh pejuang, atau nama wilayah. Namun ada yang aneh dengan nama masjid yang satu ini. Masjid yang terletak di daerah Fatih, Istanbul ini bernama " Sanki Medik", dalam bahasaTurki “sanki yedim” berarti “seolah-olah saya sudah makan”.Dibalik namanya yang aneh, ternyata masjid ini punya kisah sejarah yang inspiratif.

Berdasarkan penuturan Jaini Mukhlis, Mahasiswa Universitas Istanbul asal Indonesia, masjid ini dibangun oleh Keçecizade Hayreddin (baca : kecejizade Hayreddin) atau Adanalı Şakir Efendi (baca : Adanale Syakir Efendi) dengan cara yang sangat unik.

Hayreddin ataupun Åžakir bukanlah orang kaya, dia hanya seorang pedagang kecil-kecilan yang hidup dari hasil berjualan di warung kecilnya. Suatu ketika dia melihat sebuah masjid megah yang dibangun olah salah satu pangeran Turki Usmani pada abad 18, dia pun akhirnya tertarik untuk membangun sebuah masjid, namun karena kurangnya dana dia memutuskan untuk mengumpulkan dana pembangunan masjid itu dengan cara menyisihkan uang makannya.

Seringkali ketika hendak membeli makanan, Hayrettin berkata “sanki yedim”, maksudnya “seolah-olah saya sudah makan atau anggap saja udah makan”. Hal tersebut terus dia lakukan hingga sekitar 20 tahun lamanya sampai akhirnya pembangunan masjid ini pun tuntas.

Tidak banyak yang tahu tentang sejarah masjid ini, dan juga tidak banyak orang yang pernah mengunjungi masjid ini, bahkan orangTurki sendiri. Bangunannya juga tidak megah seperti masjid-masjid di Turki lainnya. Namun inspirasi dibalik kisah pendirian masjid ini sangat layak untuk diteladani oleh generasi masa kini.

Oleh: Syahida Rabbani

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. PERSIAPKAN DIRIMU UNTUK MENDAPATKAN FREECHIP DARI FIFAPOKER
    Kunjungi FIFAPOKER,com di add ya bbm nya :7B3130BF
    kami tunggu kedatangan anda

    BalasHapus

Item Reviewed: Masjid Ini Mempunyai Nama Teraneh di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Muslimina