Latest News
Kamis, 02 Oktober 2014

Gerbang Lod tempat Terbunuhnya Dajjal

tempat terbunuhnya dajjal

Kota kecil dengan luas tidak sampai 13 kilometer. Kaum Yahudi menamakannya sebagai Lod. Bangsa Arab pula menyebutnya sebagai Ludd atau Al-Ludd.

Ribuan tahun yang lalu kota ini juga dikenali dengan nama Lydda dan Diospolis. Terletak di daerah tengah Israel, Lod berada lebih kurang 15 kilometer dari tenggara Tel Aviv.

Populasi penduduknya lebih kurang 70 ribu pada penghujung tahun 2011. Daripada jumlah itu, 80 % adalah Yahudi. Selebihnya adalah bangsa arab.

Perlu diketahui, awal dahulu kota ini dipenuhi bangsa Arab beragama Islam. Namun Karena Penjajahan Israel pada 1948, ramai penduduk Islam telah diusir. Ditambah dengan proyek perluasan pemukiman yahudi ditempat tersebut

Sejarah Lod

Kota ini mungkin sudah ada sejak tahun 5,600 Sebelum Masihi berdasarkan usia tembikar dan beberapa barangan arkeologi yang ditemui. Sejarah menunjukkan beberapa Emperium pernah menakluki kota kecil ini.

Pada abad ke 15 Sebelum Masihi, Lod berkembang sebagai pusat pemikir dan perdagangan Yahudi sehinggalah kota ini ditakluki penguasa Romawi pada tahun 70 Masihi.

Dalam peperangan itu, Romawi menjadikanl penduduk Lod sebagai budak dan kota ini turut mengalami kehancuran akibat perang.

Sewaktu dalam kekuasaan Romawi, kebanyakan penduduk kota ini menganut agama Kristen. Tambahan pula penguasa Romamwi telah melakukan usaha untuk mengkristiankan penduduk didalam daerah kekuasaannya.

Dalam Periode kebangktan tentera Islam yang dipimpin Amr Ibn Al-As meluaskan Kekuasaanya, Lod sukses ditaklukan pada tahun 636 Masihi. Namun pada tahun 1099, tentera salib kembali merebut kota ini.

Ditangan tentera Saladdin/shalahuddin, Kota Lod kembali direbut oleh tentera Islam dalam perang salib.

Seiring dengan pergantian zaman, Kota Lod turut berkembang di bawah pemerintahan Kekhalifahan Utsmaniyyah.

Tahun 1948, kota Lod masih berada dalam kekuasaan Arab dibawah Palestina dengan populasi penduduk sekitar 20 ribu umat Islam dan hampir dua ribu penduduk Kristian.

Namun, setelah itu Israel mencaplok Kota lod pada Juli 1948.


Terbunuhnya Dajjal

Dalam sebuah Hadits, kota Lod turut disebut sebagai 'bab Lud' atau gerbang Lod. Dikatakan, di kota inilah Dajjal akan dikalahkan oleh Nabi Isa.

“Sesungguhnya Isa Bin Maryam Akan Membunuh Dajjal Di Bab Lud (Gerbang Lod).” (Hr Ahmad, Turmudzi, Dan Nu’Aim Bin Hamad).

Pada akhir zaman nanti akan turun Dajjal ke muka bumi ini. Rasulullah SAW bersabda, “Ketika sedang tidur, aku bermimpi melakukan tawaf di Ka’bah. Lalu, ada seorang berambut lebat yang meneteskan air dari kepalanya, lalu aku tanyakan siapakah ini? Mereka menjawab, ‘Ibnu Maryam AS’.”

“Kemudian, aku berpaling dan melihat seorang laki-laki yang gemuk, berkulit merah, berambut keriting, matanya buta sebelah, dan matanya itu seperti buah anggur yang masak (tak bersinar). Mereka mengatakan, ‘Ini Dajjal’. Dia adalah orang yang paling mirip dengan Ibnu Qathn, seorang laki-laki dari Khuza’ah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis lainnya disebutkan, “Lalu, turunlah Isa bin Maryam di menara putih di bagian timur Damaskus. Isa menemukan Dajjal di Pintu Lod, kemudian membunuhnya.” (HR Abu Daud)

Dari Mujami bin Jariyah al-Anshari RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Isa bin Maryam akan membunuh Dajal di Bab Lud(Gerbang Lod).” (HR Ahmad, Turmudzi, dan Nu’aim bin Hamad).

“Tidak ada satu orang kafir pun yang masih hidup, semuanya terbunuh. Lalu, Isa berhasil menyusul Dajjal di Pintu Lod dan membunuhnya. Lalu, beberapa kaum Muslimin diselamatkan Allah ke hadapan Isa bin Maryam. Ia mengusap wajah mereka dan memberitahukan kepada mereka tentang kedudukan mereka di surga.” (HR Muslim, Ahmad, Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah, dan Hakim).

Dalam hadis di atas diungkapkan bahwa Dajjal akan dikalahkan Nabi Isa AS di Gerbang Lod. Di manakah letaknya? Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Hadith al-Nabawi, Lod atau Gerbang Lod adalah kota yang terletak di dekat Baitul Maqdis atau Elia di Palestina dekat Ramalah. “Dahulu, rombongan kafilah dari Syam (Suriah) yang menuju Mesir singgah di kota ini, begitu juga sebaliknya,” ujar Dr Syauqi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 komentar:

  1. apakah gerbang lod sekarang udah ada? itu artinya, kalau sudah ada berarti Dajjal pun sudah akan muncul yA?

    BalasHapus
  2. Kenapa Harus Bergabung Bersama FIFAPOKER . COM ?
    - FREEBET BONUS ABSENSI SETIAP HARI
    - BONUS UNTUK SEMUA MEMBER BARU
    - CASHBACK SETIAP MINGGU
    - BONUS REFERAL SEUMUR HIDUP
    - DAPAT BERMAIN DI SEMUA GAME ID303 . COM
    - PINDAH DANA KE SEMUA GAME ID303 COM TANPA SYARAT
    BBM : 7B3130BF

    BalasHapus

Item Reviewed: Gerbang Lod tempat Terbunuhnya Dajjal Rating: 5 Reviewed By: Muslimina