Latest News
Rabu, 06 Mei 2015

Lebah Membuat Penyimpanan Madu Dengan Bentuk Yang Paling Efektif


Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat ini.
Bentuk heksagonal adalah bentuk yang paling memungkinkan lebah untuk menyimpan madu
dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit
Dari gambar dibawah terlihat bahwa jika lebah membentuk sarangnya berbentuk lingkaran maka akan terdapat ruang kosong (warna pink). Hal tersebut menunjukkan bahwa jika lebah membentuk sarangnya berbentuk lingkaran maka "space" untuk meletakkan madu semakin sempit. Lain halnya bila lebah membentuk segi enam (heksagonal) dalam pembuatan sarangnya. Titik berwarna "pink" atau ruang kosong tersebut tidak akan ditemui atau dengan kata lain ruang atau "space" untuk meletakkan madu semakin luas.
Bentuk lingkaran tidak memungkinkan karena banyak ruang kosong yang tidak terisi
Lalu mengapa lebah tidak membentuk sarangnya berbentuk segiempat atau segitiga? bukankah ruang kosongnya juga tidak ada?
Perbedaan bentuk geometris segi enam, kotak dan segitiga
Berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan, bahan baku yang diperlukan lebah untuk membuat sarang berbentuk segitiga maupun persegi lebih banyak dibandingkan berbentuk segi enam, sehingga segi enam merupakan bentuk paling ideal untuk sarang lebah. Kesimpulannya sarang berbentuk segi enam merupakan sarang terluas dengan bahan baku terkecil.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Lebah Membuat Penyimpanan Madu Dengan Bentuk Yang Paling Efektif Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail