Latest News
Minggu, 10 Mei 2015

5 Masjid yang tidak runtuh ketika diterpa bencana hebat

Masjid adalah tempat ibadah umat islam. Tempat suci ini selain fungsi utamanya sebagai tempat sholat, juga menjadi pusat berbagai kegiatan keagamaan lainnya, misal tadarus Al-Qur'an, majelis ta'lim, pengajian, dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Masjid adalah rumah Allah SWT di bumi, dan bagi siapapun yang datang ke masjid untuk beribadah kepada Allah, maka dia termasuk tamu termulia. Karena shahibul bait (pemilik rumah) penerima tamu itu adalah Allah SWT.

Sudah banyak bukti mengenai keistimewaan masjid. Selain sebagai tempat mustajab agar doa-doa kita lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT, tidak robohnya 5 masjid ini ketika bencana hebat melanda, adalah salah satu keistimewaan masjid yang lain.

5 Masjid yang tidak runtuh ketika diterpa bencana hebat :

Masjid Golcuk di Turki

Tahun 90an, tepatnya di tahun 1999, Turki dilanda gempa bumi dahsyat. Gempa bumi ini menelan korban hingga mencapai 45.000 jiwa, dan 43.953 korban luka. Namun, dahsyatnya gempa di Turki tersebut tak membuat kerusakan sebuah masjid di tempat itu.

Masjid Golcuk adalah masjid yang tak mengalami kerusakan ketika gempa hebat melanda Turki di tahun 90an itu. Umat islam percaya jika ini adalah sebuah mukjizat dari Allah SWT,  karena terlihat jelas, hanya masjid Golcuk yang tetap berdiri kokoh, sementara bangunan di sekitarnya luluh lantak tak tersisa.

Masjid Baiturrahman di Banda Aceh

Sebagai orang Indonesia, kita harus tahu tentang masjid berikut ini. Tentu masih teringat jelas diingatan kita tentang bencana tsunami hebat yang melanda Aceh 11 tahun silam. Tsunami Aceh merupakan salah satu bencana alam terdasyhat di abad 20.

Sekitar 200.000 jiwa menjadi korban dalam bencana ini. Jumlah tersebut lebih dari separuh masyarakat Aceh. Meski menelan banyak sekali korban jiwa dan meruntuhkan berbagai bangunan di sana, Masjid Baiturrahman yang terletak 500 meter dari bibir pantai itu tetap kokoh berdiri. Hanya sekitar 20 persen bagian masjid yang mengalami kerusakan.

Masjid At Tauhid di Haiti

Pada tahun 2010 lalu, Haiti diguncang gempa yang sangat luar biasa. Sebanyak 220.000-316.000 jiwa menjadi korban atas bencana ini. Namun, menurut pengakua umat muslim Haiti, tak ada satupun masjid di sekitar lokasi gempa terkena dampak hebat bencana alam ini.

Akhirnya, masjid yang masih berdiri kokoh dijadikan posko perlindungan bantuan darurat gempa oleh penduduk yang selamat. Salah satu masjid tersebut adalah masjid At Tauhid di Ibu Kota Port-au-Prince.

Masjid Jami di Nepal

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 25 April 2015, gempa berkekuatan 7,8 SR mengguncang Nepal. Namun, gempa dahsyat tersebut tek meruntuhkan masjid di sana, meski banyak bangunan di sekitarnya yang runtuh. Masjid Jami di Bag Bazaar, Ibu Kota Kathmandu, Nepal itu masih berdiri tegak. Tak ada dinding terkelupas atau bahkan retak.

Salah satu anggota takmir Masjid Jami Nepal, Mohammad Rizwan sangat bersyukur pada Allah atas segala kuasa-NYA. Ditambahkan oleh Rizwan, Masjid Jami Nepal tersebut termasuk bangunan yang relatif lebih baru. Terakhir kali Masjid Jami mengalami renovasi besar pada tahun 1995.

Menurut Rizwan, ada beberapa masjid di sekitar Kathmandu yang usianya sebagian besar lebih dari 100 tahun dan tidak ada yang rusak. Baca : Kosmonot Rusia takjub ketika memfoto Mekah dari luar angkasa

Masjid Kobe di Jepang

Masjid Kobe merupakan masjid pertama di Jepang yang diresmikan pada tahun 1935. Masjid ini menjadi saksi bisu dahsyatnya perang dunia kedua. Ketika Amerika menjatuhkah bom atom di Nagasaki dan Hiroshima, Kota Kobe juga ikut menerima akibatnya. Boleh dibilang Kobe menjadi rata dengan tanah.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 5 Masjid yang tidak runtuh ketika diterpa bencana hebat Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail