Latest News
Kamis, 12 Maret 2015

Keajaiban Perkataan Rasul Tentang Diet

 Diet

Seorang dokter arab, Al-Harits ibn Kildah, mengatakan diet adalah pangkal segala obat dan lambung adalah tempat penyakit. “ Pangkal adalah dietnya orang sehat dan kedua adalah dietnya orang sakit.”

Ibnu Qayyim berkata,“ Diet ada dua macam; diet dari segala sesuatu yangmendatangkan penyakit, dan diet dari segala sesuatu yang menambah penyakit. Pertama adalah dietnya orang sehat dan kedua adalah dietnya orang sakit.

Diet yang paling penting adalah diet yang dilakukan oleh orang yang baru sembuh dari sakitnya, kondisi tubuhnya belum pulih seperti sediakala. Oleh karena itu orang sakit atau yang baru sembuh hendaknya melakukan diet agar tidak membahayakan pencernaannya.

Disamping petunjuk nabi dalam masalah diet adalah pasien tidak boleh dipaksa untuk makan dan minum sampai ia sendiri yang menghendakinya. Diriwayatkan dari Uqbah ibn Amir al-Juhani, bahwa Rasulullah bersabda, “ jangan memaksa pasien kalian untuk makan,karena Allah-lah yang member mereka makan dan minum “(HR.Ibnu Majah dan Tirmidzi)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Keajaiban Perkataan Rasul Tentang Diet Rating: 5 Reviewed By: Muslimina