Latest News
Minggu, 22 November 2015

Inilah Keajaiban Gelombang Udara


Bismillahirahmanirahim
Sesungguhnya Allah itu maha melihat..

Sebagai seorang mukmin mempercayai bahwa Allah maha melihat. Allah dengan mudah akan melihat semua aktifitas hambanya.

Manusia mempunyai kemampuan terbatas untuk melihat. Dengan menggunakan alat bantu, kadang manusia bisa melihat benda yg seharusnya tidak bisa dilihat oleh mata manusia tetapi dibantu dengan media yg lain.

Gelombang merupakan salah satu peristiwa ciptaan Allah yg salah satu kegunaannya membantu manusia untuk melihat. Saat ini manusia bisa melihat dengan mata dikarenakan adanya pantulan cahaya dari suatu benda dan ditangkap oleh mata kita. Selanjutnya mata melanjutkan informasi dari cahaya tersebut ke otak. Apa yg terjadi jika tidak ada pantulan cahaya yg ditangkap mata manusia? Kita tidak bisa melihat benda. Kondisi ada dua alasan kita tidak bisa melihat benda, alasan pertama tidak ada cahaya di ruangan tersebut dan alasan kedua suatu benda tidak menghasilkan peristiwa scattering (penghamburan) atau reflection (pantulan) cahaya yg datang ke benda tersebut. Alasan pertama sering kita sebut dengan kondisi gelap dan alasan kedua ketika benda tersebut menggunakan invisible cloaking (pernah saya bahas pada kulsap yg terdahulu).

Manusia dapat meningkatkan kemampuan melihatnya bukan hanya memanfaatkan cahaya tampak saja. Dengan memanfaatkan dua gelombang yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik disini yg dimaksud adalah gelombang akustik. Ultrasonography (USG) merupakan alat yg membantu manusia untuk melihat beberapa organ tubuh manusia dengan menggunakan gelombang akustik. Prinsipnya sama seperti mata, usg akan mencoba mengambil informasi pantulan gelombang akustik. Gelombang akustik juga digunakan untuk melihat objek di dasar laut. Gelombang akustik lah menjadi andalan untuk mendeteksi benda2 dasar laut. Pada saat pesawat air asia yg jatuh di wilayah indonesia beberapa saat yg lalu, banyak kapal2 yg canggih yg dioperasikan untuk mencari pesawat itu dengan menggunakan rekayasa gelombang akustik ini.

Penggunaan gelombang elektromagnetik juga ga kalah seru. Gelombang elektromagnetik memiliki spectrum frequency yg luas. Dan setiap wilayah spectrum tertentu memiliki karakteristik sendiri. Misalnya frequency microwave yg biasa digunakan untuk radar: bersifat non ionisasi, propagasi nya agak menyebar, digunakan untuk aplikasi radar; wilayah frequency terahertz: bersifat non ionisasi, dapat penetrasi kertas dan kayu, tidak bisa penetrasi pada kabut, propagasinya tidak menyebar (seperti sinar laser), digunakan untuk security system, komunikasi di luar angkasa dan juga untuk medical imaging; wilayah frequency tinggi contohnya x-ray: bersifat ionisasi sehingga dapat berefek kepada sel tubuh manusia, dapat digunakan untuk pengambilan informasi gambar organ tertentu di dalam tubuh manusia tetapi dianjurkan untuk dilakukan dalam waktu yg cepat (sering). Sifat-sifat gelombang elektromagnetik ini yg berbeda setiap wilayah frequency nya membuat banyak orang memanfaatkan rekayasa gelombang elektromagnetik ini untuk membantu melihat semua objek.

Gelombang elektromagnetik itu tersiri dari gelombang listrik dan gelombang magnetik. Magnetic resonance imaging (MRI) merupakan salah satu teknologi untuk melihat organ tubuh manusia yg hanya memanfaatkan gelombang magnetik saja. Alat ini harus disimpang diruang khusus karena alat ini akan menghasilkan medan magnetik yg besar. Electeenchephalogram (EEG) merupakan salah satu alat yg mendeteksi otak dengan memanfaatkan info elektrostatik yg dihasilkan syaraf otak. EEG ini membutuhkan banyak elektroda untuk mendeteksi info elektrostatik ini. Alat yg diteliti dan dikembangkan oleh pak warsito dan juga sensei memanfaatkan prinsip ini juga. Jadi dapat dibayangkan bagaimana tantangan dalam pengembangan alat ini.

Setiap benda itu memiliki informasi yg unik karakteristik materialnya. Di gelombang elektromagnetik ada dua karakteristik dasar yg dimiliki setiap benda yg akan memberi respon gelombang elektromagnetik yg berbeda. Dua karakteristik dasar itu adalah permittivity dan permeability. Dua karakteristik ini lah yg memberikan informasi resonance frequency yg berbeda. Biasanya alat dengan menggunakan gelombang elektromagnetik ini akan mencoba membaca informasi permittivity dan permeability suatu benda agar bisa dibuat informasi gambar dari benda itu.

Bayangkan, dengan merekayasa gelombang ini, kita bisa melihat apa pun di jagat raya ini. Bahkan info benda luar angkasa juga dapat kita lihat. Allah lah yg menciptakan gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik ini.
Allah benar-benar maha melihat..
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Inilah Keajaiban Gelombang Udara Rating: 5 Reviewed By: Muhammad Ismail